KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGRI 17 BANJARMASIN

Arif Rahman, Jarkawi Jarkawi, Didi Susanto

Abstract


Perilaku merokok dapat dilihat dari empat aspek yaitu fungsi merokok, tempat merokok,intensitas merokok, dan waktu merokok. Perilaku merokok dapat di tunjukkan dengan sikap siswa sehari-hari, kebiasaan ataupun aktifitas lainnya. Dilihat dari permasalahan tersebut terdapat pada siswa SMPN 17 Banjarmasin yang mengalami perilaku merokok khususnya kelas IX, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mereduksi perilaku merokok melalui konseling individual dengan pendekatan behavioral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penurunan perilaku merokok menggunakan konseling individual dengan pendekatan behavioral pada siswa SMPN 17 Banjarmasin  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design The One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang siswa dan sampel yang akan diambil dengan jumlah 3 orang siswa.  Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami perilaku merokok dikategori sedang  sebanyak 6 orang, dan rendah sebanyak 15 orang siswa. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan wilcoxon dengan nilai sign. (2-tailed) adalah 0,002 < 0,05.  Berdasarkan hasil analisis data bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individual dengan pendekatan behavioral dapat mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas IX di SMPN 17 Banjarmasin.

 

 


Keywords


Konseling Individual, Pendekatan Behavioral, Perilaku Merokok

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian.Malang:UMM Press

Ardiwidita. (2014). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Layanan Konseling Individual Dengan Minat Berkonseling Pada Siswa SMKN 1 Bengkulu. Skripsi. FIP. Pend. Bimbingan Konseling dan Universitas Bengkulu.

Bambang Trim,Merokok itu Konyol, (Jakarta:Geneca Exact, 2006) hal. 2

Chirtarisa. (2014). Studi Kasus Remaja Putri Yang Berperilaku Merokok Di Kota Yogyakarta. Skripsi. FIP. Psikologi Pendidikan Bimbingan Konseling. Universitas Negri Yogyakarta.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ganta, S . (2017).Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Dengan Teknik Self-Management Dalam Upaya Mereduksi Perilaku Merokok Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Skripsi. FTK, Pend. Bimbingan Konseling dan UIN Raden Intan Lampung.

Gilang,D.S. (2014), Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kebiasaan Merokok Pada Penerima Manfaat Di Balai Rehabilitasi Mandiri Semarang. Skripsi. FIP.Pendidikan Bimbingan Konseling dan Universitas Negri Semarang.

Kasman, Noorhidayah, Kasuma Bakti Persada (2017), Studi Eksperimen Penggunaan Media Leaflet Dan Video Bahaya Merokok. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. (4),(2), 57.

Kheoron,N.M. (2017), Konseling Individu Bagi Siswa Perokok Di MTSN 10 Sleman. Skripsi. FDK. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

M.Agus,S.W. (2016). Pendekatan Behavioral Dalam Menangani Perilaku Indisipliner Siswa Korban Perceraian.Jurnal Analisis. XVI,( 2), 214.

M.Husni. (2017). Layanan Konseling Individual Remaja Pendekatan Behavioral. Jurnal Al-Ibrah,2,(2), 63.

Marti,Y.T. (2016). Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Dengan Teknik Behavior Contract. Jurnal Konseling & Psi

Mulyati. (2018), Penerapan Konseling Dengan Teknik Modeling Simbolis Untuk Menurunkan Tingkat Kebiasaan Merokok Pada Siswa Di SMP. Jurnal Konseling Andi Matappa. ( 2 ), (1), 41-45.

Nakhma’ussolikhah. (2017). Studi Tentang Penggunaan Cybercounseling Untuk Layanan Konseling Individual. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2. (1),30.

Noorlatifah. (2016). Layanan Konseling Individual Bagi Yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-nur.2 (1), 92.

NurWariyanti. (2017). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Reward Dan Punishment Dalam Menangani Perilaku Membolos Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Al-Azhar Bandar Lampung. Skripsi. Bimbingan Konseling Islam dan UIN Raden Intan Lampung.

Prasasti. (2011). Hubungan Antara Dimensi Kepribadian Big Five Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Akhir.Skripsi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayattullah.Jakarta.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trigiyatno. (2011). Fatwa Hukum Merokok Dalam Prepestik MUI dan Muhammadiyah.Jurnal Penelitian.(8),(1).

Zuri,A. (2017), Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Penanganan Siswa Merokok di SMPN Kuala Nangan 3. Skripsi. FTK. Manajemen Pendidikan Islam dan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v5i1.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dedicated to:

   

 Creative Commons License

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia this work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.