LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM UPAYA MENGURANGI KECEMASAN SISWA SMA DALAM PEMILIHAN KARIR

Asyavira Mahardini Putrie(1*), Nurus Saadah(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


This research aims to determine the results of services in an effort to reduce students' anxiety in choosing a career using the SLR (Systrmatic literature review) method. Literature sources were obtained from the crossref metadata database in the Indonesian Bebrahasa journal for 2016-2023. In this research there are several results from career guidance services in an effort to reduce students' anxiety in choosing a career, including; (1) career guidance services; (2) career anxiety; and (3) the role of guidance and counseling teachers. There are several strategies from guidance services that have provided positive results in the success of career guidance services, including; (1) career guidance services, (2) trait factors, (3) Rational Emotive Therapy (TRE), (4) cognitive information processing career counseling, and (5) Client Centered Therapy.

Kata Kunci


Layanan Bimbingan Karir; Kecemasan Karir; Konselor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa, D., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada lanjut usia (Lansia). Jurnal Konselor Universitas Padang, 5 (2), 93-99.

Deasy, Yunika, K., dkk. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksprlorasi Karir Siswa. Jurnal Peneltian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Siswanto. (2010). Syatematic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensitensis Hasil- Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Surabaya: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.

Perry, A. & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teacing, 2(1), 32-35.

Tsai, C.-T. (Simon), Hsu, H.., & Hsu, Y.-C. (2017). Tourism and Hospitality Collage Students’ Career Anxiety: Scale Development and Validation. Journal of Hospitality & Tourism Education, 29(4), 158-165. https://doi.org/10.1080/10963758.2017. 1382365.

Francis, C & Baldesari. (2006). Systematic Review of Qualitative Literatur. Oxford: UK Cochrane Centre.

Akhmad, U. A. (2022). Konsep Bimbingan dan Konseling Clien Centered Therapy Islami Untuk Mengurangi Kecemasan Terhadap Masa Depan. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 45-54.

Nadya, R. (2021). Kinerja Guru BK Dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37-43.

Nurvaeni, I. A. (2015). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan menghadapi pensiun pada guru SD di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015- 2016. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(4).

Essa, P.L. dkk (2021). Hubungan Bimbingan Karir dan Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 TEGAL. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1), 16-20.

Wan, M. & Rizky, A. P. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa. CONSILIUM, 7 (2), 60-69.

Paska, P. Br. M. dkk & Nancy, N. A. (2023). Hubungan Antara Kematangan Karir Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Fresh Graduate Universitas HKBP Nomensen. INNOVATIVE: Journal Of Sosial Science Research, 3 (3), 7860-7876.

Angelina, P. R. (2018). Optimalisasi Bimbingan dan Konseling Karir. Prosiding SNTP, Vol, 1. 145-152.

Diajeng, M. W. & Ika, E. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Perencanaan Karir pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bantul. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (1), 40-44.

Novia, D. P. (2019) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 158-166.

Putri, L. Q. & Ragil, A. A. D. (2019). Layanan Bimbingan Karir Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa SMA Menghadapi Ujian Nasional. FOKUS, 2(1), 17- 23.

Beni, A. dkk (2023). Perencanaan Karir Siswa dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. SULUH: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 88-95.

Rahma, U. (2010). Bimbingan Karier Siswa. Malang: UIN Maliki Press.

Richma, Hidayati. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Rizky, M. & Syahrul, A. F. (2019). Penerapan Terapi Rasional Emotif (TRE) Dalam Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Karir. FOKUS, 2(2), 57-64.

Resi, G. N. dkk (2018) Konseling Karir Kelompok Cognitive Information Processing Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Journal of Psychological Science and Profesion (JPSP), 2(1), 127- 134.

Frischa, F. M. & Triana, K. D. (2021). Hubungan Kecemasan Karir Terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Tingkat Akhir. SIKONTAN JOURNAL: Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan, 2(1), 23- 28. DOI: https://doi.org/10.47353/sikontan.v2i1.1122

Shinta, D. P. dkk (2021). Pendekatan Trait and Factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1513-1520. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.590.

Dede Rahmat Hidayat, W. C. (2019). Karier Teori dan Aplikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling Konprehensif. Sukabumi: CV Jejak.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.