Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Naskah / artikel yang harus disampaikan kepada Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia harus mengikuti peraturan penulisan atau format yang ditetapkan oleh tim editorial. Pedoman penulisan artikel dan template di Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia  dapat didownload di bawah ini.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah yang diserahkan pada Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia yakni belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah yang diterima oleh Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Setiap manuskrip yang masuk dalam Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris (Kecuali Abstrak Harus Memiliki Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), (manuskrip yang diketik dengan huruf Times New Roman, font 12pts, ruang 1.5 dan untuk Sub Judul 1 ruang) dan dikirim via online di halaman https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/index jika ada kesulitan dalam proses pengiriman manuskrip bisa menghubungi kami via email [email protected] / [email protected]/ 0853-9188-1999
  4. Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Pada Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 

    • Ukuran Kertas : Berkenaan dengan ukuran kertas yang digunakan untuk pengajuan artikel dalam Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia adalah A4 dengan margin sebagai berikut: Atas 4 cm; Bawah 3 cm; Kiri 3 cm; Kanan  : 2.
    • Penulisan Judul, Sub-Judul, dan Anak Sub-Judul : Judul utama dan Sub-judul ditulis dengan huruf kapital bercetak tebal (bold). Sedangkan untuk Anak Sub-Judul juga ditulis bercetak tebal, namun huruf kapital hanya untuk huruf pertama pada setiap kata. Penggunaan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata tidak berlaku untuk kata hubung (dan, atau, dengan, terhadap) dan kata depan (di, pada, ke).
    • Abstrak : Ditulis  berbahasa Indonesia ditulis dengan huruf tegak sepanjang 100-200 kata. Teks abstrak ditulis dengan margin kiri 4 cm, kanan, atas, dan bawah 3 cm dengan ukuran font 10 pt dan jenis huruf Times New Roman serta jarak antar baris satu spasi. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak cukup ditulis dalam bahasa Inggris saja. Bagian Abstrak harus memuat inti rasional permasalahan yang akan dikemukakan, metode, hasil-hasil temuan yang diperoleh dan simpulan secara ringkas dan padat. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. Di bagian bawah abstrak, dicantumkan kata kunci. Jumlah maksimal kata kunci yang boleh dicantumkan adalah 5 buah. Jumlah kata pada sebuah kata kunci maksimal hanya 3 kata. Masing-masing penulisan kata kunci dipisahkan dengan menggunakan tanda titik koma (;).
    • Refrensi : Memuat sumber-sumber bacaan atau kajian yang digunakan oleh penulis untuk membuat artikel. Isi referensi haruslah sesuai dengan kutipan yang tercantum dalam bagian isi artikel. Demikian sebaliknya, kutipan yang dicantumkan dalam bagian isi artikel harus disebutkan pada bagian referensi. Gaya penulisan referensi mengikuti gaya penulisan ilmiah dari American Psychological Association (APA). Direkomendasikan kepada penulis untuk menggunakan aplikasi bantu seperti Mendeley atau References dalam Ms. Word.
  5. Penulisan Referensi Pada Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, yakni sebagai berikut:

    Penyajian referensi ditulis menggunakan adaptasi gaya penulisan American Psychological Association (APA). Penulisan alinea pada seluruh referensi yang digunakan menggunakan gaya indent hanging. Seluruh nama penulis dalam referensi ditulis dengan nama belakang terlebih dahulu dan diikuti dengan inisial nama depan dan tengahnya. Antar nama penulis dipisahkan dengan tanda koma (,), sedangkan sebelum menuliskan nama terakhir perlu disisipkan kata hubung ‘dan’ (&). Antar komponen dalam referensi dipisahkan dengan tanda titik (.). Tahun terbit ditulis di dalam tanda kurung (…). Selain kedua komponen tersebut, urutan komponen lainnya sangat tergantung pada jenis referensi yang digunakan. Berikut adalah masing-masing format dari setiap jenis referensi.

    Buku

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Buku. Kota Terbit: Penerbit.

    Buku dengan Edisi

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Buku (Edisi). Kota Terbit: Penerbit.

    Buku Kumpulan Artikel

    Nama Penulis Artikel. (Tahun). Judul Artikel. Dalam Nama Editor (Eds.), Judul Buku (pp. halaman). Kota Terbit: Penerbit.

    Buku Terjemahan

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Buku. (Terj. Nama Penerjemah). Kota Terbit: Penerbit.

    Artikel Jurnal Tanpa DOI

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume (Nomor), Halaman.

    Artikel Jurnal dengan DOI

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume (Nomor), Halaman. Doi: nomor seri doi.

    Artikel dalam Prosiding Cetak

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel dalam Prosiding. Dalam Nama Editor Prosiding (Eds.), Nama Prosiding (pp. Halaman). Kota Terbit: Penerbit.

    Artikel dalam Prosiding Online

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel dalam Prosiding. Nama Prosiding, Volume, Halaman. Doi: nomor seri doi.

    Majalah

    Nama Penulis. (Bulan Tahun). Judul Artikel. Nama Majalah, Volume (Nomor), Halaman.

    Majalah Online

    Nama Penulis. (Bulan Tahun). Judul Artikel. Nama Majalah, Volume (Nomor), Halaman. Diakses dari url majalah online.

    Surat Kabar

    Nama Penulis. (Tanggal Bulan Tahun). Judul Artikel. Nama Surat Kabar. Pp. Halaman.

    Skripsi, Tesis, Disertasi yang Tidak Dipublikasikan

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Tulisan (Skripsi/Tesis/Disertasi tidak terpublikasi). Nama Perguruan Tinggi, Lokasi.

    Skripsi, Tesis, Disertasi dari Sumber Online

    Nama Penulis. (Tahun). Judul Tulisan (Skripsi/Tesis/Disertasi, Nama Perguruan Tinggi). Diakses dari sebutkan sumber web.

    Video

    Nama Produser/Pembuat Video. (Produser). (Tahun). Judul Video [DVD]. Tersedia di sebutkan sumber web.

    Serial Televisi

    Nama Penulis. (Penulis), & Nama Pengarah/Direktur (Direktur). (Tahun). Judul Episode pada Serial Televisi (Episode Seri Televisi). Dalam Nama Produser (Produser Pelaksana), Nama Acara Televisi. Kota Produksi: Perusahaan Produksi.

    Musik Rekaman

    Nama Penyanyi. (Tahun). Judul Lagu/Musik. Dalam Judul Single/Album [CD]. Kota Produksi: Perusahaan Produksi.

    Perangkat Lunak

    Nama Software (Versi) [Perangkat Lunak Komputer]. Nama Kota Produksi: Perusahaan Produksi.



    • Manuskrip yang sesuai dengan persyaratan perpustakaan dan gaya bahasa di Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia  diuraikan dalam Panduan Penulis, yang akan ditemukan di halaman Tentang Kami.
    • Berkenaan dengan naskah yang sudah terbit pada Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia dapat dilihat DISINI
    • Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  • Penulis menghemat hak cipta dan memberi jurnal hak pertama untuk menerbitkan manuskrip tersebut secara bersamaan dengan lisensi di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain berbagi karya dengan pernyataan kepengarangan dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis dapat memasukkannya ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi jurnal kaya edisi non-eksklusif (misalnya memasukkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi asli dalam jurnal ini.
  • Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya: di gudang institusional atau di situs mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih kuat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Open Access Effect).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.