PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN POLA ASUH DEMOKRATIS

Affan Yusra(1), Dinny Rahmayanty(2), Nuramita Mita(3*), Erna Rahmawati Hatijah(4), Dwi Kurnia Sari(5)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Sari


This article discusses the influence of democratic parenting on the formation of children's character, the aim of which is for us to know what impacts the application of democratic parenting has on children, both good and bad. The author uses the literature observation method to summarize the results from various references which are then differentiated based on the type of research from each source used as a reference. In this context, democratic parenting patterns have positive and negative impacts on the formation of children's character, positive impacts include tolerance, independence, superior personality, the ability to share, respect for differences, and an attitude of not imposing the will of others. The impact of democratic parenting on children's social and emotional development includes children's ability to make friends easily, be willing to collaborate, show independence, and be willing to share. ant role of democratic parenting in shaping children’s character in a positive way.


Kata Kunci


Formation; character; children; democratic parenting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almannur. (2019). Peran Pola Asuh Demokratis Dan Kelekatan Anak Dengan Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja Di Smk Negeri 1 Kalasan. Jurnal ISLAMIKA, 2(1), 23–33.

Anggraeni, N., Andriani, S., Muliawati, S., & Faozi, C. (2018). Konsep Psychological Well-Being serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2), 51–56. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121.

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyamg: Jurnal Studi Islam, Gender, Dan Anak, 14(2), 329–345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp329-345

Danni Rosada, U. (2019). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 116–124. https://doi.org/10.26638/jfk.808.2099

Fatchurahman, M. (2012). Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja (Vol. 1, Issue 2).

Fella, M., & Damayanti, N. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Pola Asuh Demokratis dengan Strategi Coping Adaptif pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(2), 191–197. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/

Filisyamal, J., Hariyono, & Ramli, M. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Bentuk Pola Asuh Demokratis Dalam Kedisiplinan Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 668–672.

Husna, A., & Suryana, D. (2021). Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambubusai, 5(3), 10128–10140.

Imam Muhadi, A. (2015). Hubungan Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak El-Hijaa Tambak Sari Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Jumiati, T., Zahro Romas, M., & Rohyati, E. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Interaksi Sosial pada Remaja yang Menggunakan Smartphone di SMAN X Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 17(2), 30–38.

Kartika, D., Putu, I. G. A., & Budisetyani, W. (2018). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja Di Denpasar Dan Badung. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 63–71.

Khairiyaturrizkyah, & Nuraeni. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Labuapi. Jurnal Realita, 3(5), 560–566.

Kurniawati Husada, A. (2013). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 266–277.

Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah UNiversitas Batanghari, 17(1), 58–74.

Pandia, W. H., Munir, A., & Azis, A. (n.d.). Hubungan Harga Diri Siswa Dan Pola Asuh Demokratis Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa.

Patimbangi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Demokratis, dan Interpersonal Terhadap Sikap Remaja. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.339

Pratama & Aísyah. (2021). Narrative Review: Ultrasound Berpengaruh dalam Menurunkan Nyeri pada Plantar Fascitis. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Rahma, I. A. (2008). Hubungan antara persepsi terhadap pola asuh demokratis ayah dan ibu dengan perilaku disiplin remaja. Lentera pendidikan, 11(1), 69–82.

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A Paud It Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Potensia, 2(1), 23–32.

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01

Sari, A. M. S., Fakhriyah, F., & Pratiwi, I. A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(4), 2513–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1222

Sari, D. P., Istiana, I., & Wahyuni, N. S. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 148–157. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.111

Septiani, W. (2017). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Konsep Diri Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 6(3), 22–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Solikhah, R. (2021). Prosiding Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Potensi Anak Usia Dini”

Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak pola asuh orang tua Terhadap perkembangan sosial-emosional. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–14. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Tabi’in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581

Thasya Sona, P., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Altruisme Pada Mahasiswa Sebuah Universitas Swasta Di Bekasi. Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 93–101.

Widayani, S., & Astuti, K. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0. Psycho idea, 18(1), 74–81.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.12856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.