ANALISIS KINERJA GURU BK: PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Rihya Syifa Qurrotu Ayuna(1*), Farah Wahyuni(2), Happy Karlina Marjo(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to look at the performance of guidance and counseling teachers at SMKN 1 Cikarang Utara in the 2023/2024 academic year. This research uses a type of qualitative research with a case study design with a focus on developing an in-depth analysis of the performance of guidance and counseling teachers. Data collection techniques using observation of the environment of SMKN 1 Cikarang Utara, interviews with the head of bk coordination and 3 guidance and counseling teachers and documentation in the form of photos and collection of supporting data. Data validity techniques use validity and credibility tests by triangulation as reinforcement and supporting data. The results showed that the implementation of the classical guidance  program carried out went well in accordance with the objectives to be achieved. There is a change for the better in achieving service goals before and after being given a classical guidance program. These changes were accepted by several students. Changes that occur include changes in behavior, mindset, insight and knowledge.


Kata Kunci


performance of guidance and counseling teacher;classical guidance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amriana. (2019). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Perilaku Belajar Efektif di SMAN 4 Bandung. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 9(2), https://doi.org/10.29080/jbki.v9i2.92

Basmiah, B. (2018). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di MTsN 3 Kota Banjarmasin.

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Firman. 2018. Strategi dan Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. https://bit.ly/2O1rpkX.

Imron, M., Naqiyah, N., & Hastuti, R. T. (2021). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kota Surabaya dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 32–40.

Kamaruzzaman, K. (2017). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.

Kusuma, Ardi Wira. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang Volume 7 Number 1 2018.

Mariana, D. (2016). Membentuk Karakter Cerdas Melalui Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Untuk Menghadapi MEA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 14–17.

Mirasari., I, Komalasari.,G,Filiani. (2018). Evaluasi Program Layanan Bimbingan Klasikal Di SMA Negeri 46 Jakarta Selatan. Insight Jurnal Vol. 3 No. 2.

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling. Jakarta: Erlangga.

Noviani, N.A., Sunarty, Thalib. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Layanan Klasikal di SMA. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences. Vol.2, No.2.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto, A., Rosra, M., & Yusmansyah, Y. (2014). Analisis Kinerja Guru Pembimbing dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(3).

Saputra, A. A., & Astuti, B. (2018). Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Saputri, S. M., Prayitno, P., & Jaya, Y. (2018). Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Serta Pembinaannya. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–20.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wantu, Tuti. (2011). Pengembangan Perangkat Panduan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8 No. 3 Hal. 199-279.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13431

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.