IMPLEMENTASI SERTIFIKASI HALAL PADA PRODUK PANGAN DALAM RANGKA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DOMINOS PIZZA)

Najib Rasid Raisqi(1*)

(1) Perbanas Institute Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini Berjudul Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Dalam Rangka Perlindungan Konsumen Studi kasus pada Dominos Pizza. Merupakan salah satu studi untuk melihat Implementasi Sertifikasi halal bagi dunia Restaurant cepat saji Khusunya Dominos Pizza. Dan untuk memebrikan informasi bahwa Memakan makanan yang halal dan baik (halal dan thayyib) merupakan perintah agama yang disebutkan di dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 168 dan hal ini memberi pengaruh terhadap pilihan dan pola konsumsi masyarakat (khususnya umat muslim). Sebagai produsen yang memahami hal ini, tentu pilihan bijak jika menyediakan dan memberikan keyakinan kepada konsumen atas produk pangannya dan secara umum merupakan cermin perlindungan atas hak konsumen untuk mendapat produk pangan yang halal dan baik sebagaimana diisyaratkan beberapa Peraturan Perundang-undangan. Penerbitan sertifikasi halal oleh MUI merupakan implementasi nyata sebagai suatu isyarat legal untuk menjadi ciri halal dan baik bagi suatu produk. Namun, perolehan sertifikasi bukan final karena justru memberikan implikasi bagi produsen agar secara internal menyiapkan berbagai perangkat dalam rangka menjaga kualitas dan kehalalan produknya. Salah satu kebijakan yang diambil oleh Dominos Pizza sebagai studi kasus dalam kajian ini adalah pembentukan QA (quality assurance) yang memegang otoritas untuk menguji, mengawasi dan mengeksekusi semua produk yang akan dikeluarkan mulai dari bahan baku, proses sampai akhirnya produk tersebut tiba ditangan konsumen. Kebijakan ini merupakan langkah yang cerdas yaitu selain untuk melindungi hak konsumen (memperoleh produk pangan yang halal dan baik) dengan cara terus menjaga keberadaan sertifikasi halal yang setiap dua tahun harus diperbaharui, namun secara tidak langsung dengan terjaganya kualitas dan kehalalan produknya maka Dominos Pizza telah maju selangkah di depan untuk merebut pangsa pasar (khususnya konsumen muslim) atas produk pangan sejenis



DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v8i1.6968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

             

--------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License