Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk AL-IQTISHADIYAH : EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Jurnal Al-Iqtishadiyahadalah salah satu media per-semester yang diterbitkan oleh Fakultas Studi Islam (FSI) Universitas Islam Kalimantan Syaikh Muhammad Arsyad al-Banjary sebagai upaya mempublikasikan ide dan gagasan mengenai ekonomi syari`ah dan hukum ekonomi syari`ah dan isu-isu startegis pemberdayaan ekonomi ummat.
Jurnal Al-Iqtishadiyah ditujukan bagi pakar dan para akademisi, praktisi, kalangan mahasiswa serta pemerhati dan penggiat ekonomi syari`ah dan hukum ekonomi syari`ah.
      Jurnal Al-Iqtishadiyah tampil dalam format ilmiah sebuah jurnal sehingga tulisan yang dikirim untuk dimuat hendaknya memenuhi ketentuan tulisan ilmiah.
    Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Jurnal Al-Iqtishadiyah untuk dijadikan pedoman bagi penulis.
     Sistematika Pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut :
Abstrak/Synopsisbagian ini memuat ringkasan artikel. Abstrak diikuti dengan setidaknya empat kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
Pendahuluan menguraikan latar belakang (motivasi) artikel dan rumusan masalah.
Kerangka Teoritis dan Pengembangan Hipotesis (jika ada) memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literature yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan kerangka pemikiran artikel.
Pembahasan dan Kesimpulan berisi pembahasan mengenai opini artikel dan kesimpulan.
Daftar Referensi memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang di acu yang dimuat didaftar referensi  ini.
Artikel diketik dengan jarak dua (2) spasi pada ukuran kertas kuarto (8,5” x 11”).
Panjang artikel tidak lebih dari 7000 kata dengan jenis huruf times new roman ukuran 12 atau antara 10 – 20 halaman kuarto.
Margin atas, bawah, kiri, dan kanan sekurang-kurangnya 1 inci.
Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis.
Semua halaman, termasuk label, lampiran, dan referensi harus diberi nomor unit halaman.
Tabel/gambar sebaiknya disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya dibagikan akhir naskah). Penulis cukup menyebutkan bagian di dalam teks, tempat pencantuman label dan gambar.
Setiap penulisan artikel harus memuat daftar referensi (hanya yang menjadi sumber kutipan).
Artikel diserahkan dalam bentuk CD dan atau dua (2) eksemplar cetakan atau apabila dikirimkan melalui e-mail maka artikel diserahkan dalam bentuk softcopy dengan MS Word.
 
Footnote dan Daftar Pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis serta dengan format first line untuk footnote dan hanging untuk daftar pustaka.
Footnote
 Emmanuel Subangun, Negara Anarkhi, (yogyakarta: LKiS, 2004), hlm. 64-65.
Tresna, Komentar HIR, Cetakan Ketujuhbelas, (Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2001), hlm. 208-9.
Paul Scholten, Struktur Ilmu Hukum, Terjemahan dari De Structuur der Rechtswetenschap, Alih Bahasa: Arief Sidharta, (Bandung: PT Alumni, 2003), hlm. 7.
“Jumlah BUMN Diciutkan Jadi 50”, Republika, 19 Oktober 2005.
Prijono Tjiptoherijanto, “Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Indonesia” http://www.pk.ut.ac.id/jsi, diakses tanggal 2 Januari 2005.
Buku
Adiwarman Karim, 2004, Bank Islam (Analisis Fiqh dan Keuangan), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Buku Kumpulan Artikel
Irawan, Irma & Supriyanto, andi (eds). 1999. Jurnalistik Kontemporer (Edisi ke-2, Cetakan ke-1). Bandung: Salsabila Press.
Artikel Dalam Jurnal Atau Majalah
Muhtaromah, Bayyinatul. 2007. Al-Qur`an dan Material Genetik dalam Sel Kelamin Pria Penentu Jenis Kelamin Bayi. Ulul Albab. Volume ke-8, Nomor 2:57-61.
Artikel Dalam Koran.
Kuncoro, Toha. 1 Desember, 2013. Pergulatan Menuju Perdamaian Palestina. Jawa Pos: 6 (kolom 2-5).
Tulisan Berita Dalam Koran (tanpa nama pengarang).
Surya. 31 Desember, 2008. KPK Pelototi Dana Yayasan Instansi Negara, hlm. 3.
Dokumentasi Resmi.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta : Depdikbud.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta : PT Armas Duta Jaya.
Buku Terjemahan.
Wood, Alan & Grant, Ted. 1995. Revolusi Berfikir dalam Ilmu Pengetahuan Modern. Terjemahan oleh Rafiq N. 2006. Yogyakarta: IRE Press.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian.
Firdausy, Anwar. 2004. Analisis Tipologi Pemikiran Karl Marx dalam Pandangan Ali Syari`ati. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPS UIN Sunan Kalijaga.
Makalah Seminar, Lokakarya, Penataran, Pelatihan, Workshop.
Rahardjo, Mudjia. 2007. Metodologi Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Workshop Pelatihan Mutu Jurnal Ilmiah, Unit Informasi dan Publikasi (Infopub) Universitas Islam Negeri (UIN), Malang, 7-12 Desember.
Internet (karya individual).
Hitchok, S., Carr., L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journal, 1990-1995: The Calm Before Storm, (Online), (http://journal.esc.soron.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 2013).
Internet (artikel dalam jurnal online).
Samsul Hadi. 2007. Filsafat Ikhwan as Shafa. Ulul Albab. (Online) Volume 8, No. 4, (http://www.uin-malang.ac.ic. Diakses 17 Desember 2013.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

•  Artikel yang diterbitkan di  AL IQTISHADIYAH JURNAL EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH memiliki lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Anda bebas mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apapun yang sah dalam media apapun dengan selalu mencantumkan dan mentautkan penulis asli dan AL IQTISHADIYAH JURNAL EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH. serta lisensi yang sama.

•  Hak cipta pada artikel dimiliki oleh para penulis, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada AL IQTISHADIYAH JURNAL EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH untuk menerbitkan artikel dan sebagai penerbit asli, bersama dengan hak komersial untuk memasukkan artikel dalam edisi cetak untuk dijual ke perpustakaan dan individu.

•  Dengan menerbitkan di AL IQTISHADIYAH JURNAL EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga manapun untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang disediakan oleh lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.