STARTEGI INTERVENSI PENGEMBANGAN KARAKTER REMAJA DALAM SISTEM NILAI MENUJU INDONESIA EMAS
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Masa remaja merupakan suatu tahapan perkembangan dari awal remaja pada rentang usia kronologis
13/14 tahun sampai dengan akhir remaja pada usia kronologis 18/19 tahun. Perkembangan remaja yang
optimal akan membentuk karakter bermutu dan kompetitif namun apabila perkembangan remaja
terhambat perkembangannya karena ketidak mampuan dalam suatu kompleksitas kehidupan tentu akan
membentuk karakter yang kurang baik. Remaja dalam perkembangan karakternya akan dihadapkan
pada suatu pilihan menerima atau menolak untuk melakukan sesuatu dengan dasar pemikiran, persepsi
atau suatu landasan nilai dalam suatu sistem nilai, baik itu nilai teologis, etis, estetis, fisiologis, logis
dan teleologis yang dipilihnya ini akan tumbuh dan berkembang dalam suatu rule life sistem (RLS)
remaja seiring dengan gerakan soisial sebagai dampak globaliasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi imformasi. Untuk perkembangan karakter remaja berumutu dan kompetitif di era globaliasi
perlu suatu strategi intervensi Psikoeducation value dengan SGDPK (small grouf discussion) agar
remaja dapat memberdayakan potensi dirinya untuk belajar dan berpikir yang bermutu dan kompetitif.
Konsep ini untuk menjadi suatu bahan pemikiran dalam mengembangkan karakter remaja dalam suatu
sitem nilai serta sebagai bahan kajian kebijakan publik yang strategis dalam mengembangkan karakter
remaja menuju Indonesia emas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buseri, Kamrani. 2004. Nilai-Nilai Ilahiah Remaja Pelajar. Yogyakarta: UII Press Yoyakarta
Geldard Kathryn. 2012. Konseling Remaja. Yoyakarta: Pustaka Pelajar
Hughes, A.G & E.H. Hughes. 2012. Learning &Teaching. Bandung: Penerbit Nuansa
Kementerian Kesehatan RI. 2014. Buletin Jendela Data Informasi Kesehatan. Jakarta: Semester I. Juli
Khan, Yahya. D. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yoyakarta: Pelangi Publishing
King, Laura A. 2013. Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
Makmun, Abin Syamsudian. 2000. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana. Rohmat. (2004) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Albeta
Mulyasana, Dedy. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Sanusi, Achmad. 2015. Sistyem Nilai. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia
_______(2009) Spiral Dynamics. Bandung: Nusantara Education Review Program Pascasarjana
Universitas Islam Nusantara
Sauri, Supyan R. 2016. Menumbuhkan Pendidikan Bermutu Berbasis Karakter. Prosiding Seminar
Nasional. Bandung: Penerbit Panitia Lustrum III Program Pasca Sarjana Universitas Islam
Nusantara.
Suharsaputra, Uhar (2015) Manajemen Pendidikan Tinggi. Bandung: PT Refika Aditama
Sutikno, Sobary (2006) Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataraman, NTP press
Tilaar, H.A.R (2015) Pedagogik Teoritis Untuk Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara
Tilaar, H.A.R. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Wening, Sri. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan
Karakter TH 2 No 1. hal 55-66
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v2i1.668
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.