Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Manuskrip/artikel yang akan diserahkan pada Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman harus menggikuti kaidah tata tulis atau format penulisan yang telah ditetapkan oleh tim editorial jurnal.

Artikel hasil penelitian merupakan artikel atau tulisan ilmiah yang menyajikan hasil penelitian secara ringkas dan padat. Berikut adalah struktur artikel yang perlu dipenuhi.

1.1  Judul

Judul artikel ditulis dengan huruf kapital tebal (bold) dengan ukuran font 12, rata tengah. Judul ditulis dengan kalimat efektif menggambarkan secara keseluruhan isi artikel yang diajukan. Panjang kalimat maksimal adalah 25 kata.

1.2  Nama dan Korespondensi Penulis

Nama penulis ditulis tepat di bawah judul artikel. Nama penulis yang dicantumkan tidak dibatasi jumlahnya. Jika ada lebih dari satu penulis, pada setiap nama penulis dipisahkan oleh tanda koma (,). Nama penulis ditulis dengan jenis font Times New Roman ukuran 11 pt. Di bawah nama penulis, wajib dicantumkan afiliasi setiap penulis yang disebutkan. Untuk memudahkan identifikasi pada artikel yang melibatkan banyak penulis, pada kata terawal dari afiliasi diberikan simbol angka kecil (misal. 1Afiliasi, 2Afiliasi) yang disesuaikan dengan penulis yang dimaksud. Dengan demikian, pada nama penulis pun dituliskan simbol yang sama dengan simbol yang ada pada afiliasinya. Di bagian bawah afiliasi wajib dicantumkan maksimal satu email korespondensi. Ukuran font untuk afiliasi dan email korespondensi adalah 10 pt.

1.3  Abstrak

Abstrak  berbahasa Indonesia ditulis dengan huruf tegak sepanjang 100-200 kata. Teks abstrak ditulis dengan ukuran font 10 pt dan jenis huruf Times New Roman serta jarak antar baris satu spasi. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak cukup ditulis dalam bahasa Inggris saja. Bagian Abstrak harus memuat inti rasional permasalahan yang akan dikemukakan, metode, hasil-hasil temuan yang diperoleh dan simpulan secara ringkas dan padat. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. Di bagian bawah abstrak, dicantumkan kata kunci. Jumlah maksimal kata kunci yang boleh dicantumkan adalah 5 buah. Jumlah kata pada sebuah kata kunci maksimal hanya 3 kata. Masing-masing penulisan kata kunci dipisahkan dengan menggunakan tanda titik koma (;).

1.4  Pendahuluan

Pendahuluan artikel memuat rasional atau alasan logis terkait pemilihan tema, judul, atau variabel yang diangkat menjadi isu penelitian. Dalam pendahuluan, isu-isu menarik yang menjadi dasar pemikiran bagi penelitian dibahas secara mendalam didukung dengan kajian teoretis, temuan empiris (hasil penelitian terdahulu), maupun fakta lapangan. Penting untuk menunjukkan kesenjangan hasil penelitian (research gap), maupun kesenjangan teoritis (theory gap) yang menjadi dasar untuk mengemukakan isu untuk diteliti.

1.5  Metode

Metode memuat substansi metodologis yang terkait dengan penelitian. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam metode meliputi keterangan tentang desain penelitian, subyek atau sumber data penelitian (populasi dan sampel), metode pengumpulan data, instrumen, dan metode analisis data yang digunakan. Seluruhnya dideskripsikan dengan bahasa yang ringkas, padat, efektif dan efisien.

1.6  Hasil dan Pembahasan

Bagian ini memuat seluruh hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dapat dipaparkan dengan menggunakan tabel, grafik, atau gambar yang disertai dengan deskripsi. Hasil penelitian yang dipaparkan kemudian dibahas secara kritis berdasarkan kajian teoretis maupun empiris. Pembahasan terhadap hasil penelitian dikaji secara mendalam dan perlu menunjukkan posisi penelitian tersebut terhadap penelitian-penelitian yang telah ada sebelumnya.

1.7  Penutup

Pada bagian ini penulis memberikan kesimpulan dari keseluruhan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya. Kesimpulan ditulis secara padat dan ringkas, memuat poin-poin menarik yang ditemukan dari penelitian. Berikutnya penulis membuat saran atau rekomendasi logis yang terkait dengan hasil penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya.

1.8  Referensi

Referensi memuat sumber-sumber bacaan atau kajian yang digunakan oleh penulis untuk membuat artikel. Isi referensi haruslah sesuai dengan kutipan yang tercantum dalam bagian isi artikel. Demikian sebaliknya, kutipan yang dicantumkan dalam bagian isi artikel harus disebutkan pada bagian referensi. Gaya penulisan referensi mengikuti gaya penulisan ilmiah dari American Psychological Association (APA). Direkomendasikan kepada penulis untuk menggunakan aplikasi bantu seperti Mendeley atau References dalam Ms. Word.

Lebih lanjut, panduan penulisan artikel dan template pada Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman dapat diunduh di bawah ini.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
  2. Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
  3. Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman.
  4. Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman.
  5. Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
  6. Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

a. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution Licenseyang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.

b. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

c. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman memastikan bahwa nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.