PERANAN KOMONIKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Mahfuz Mahfuz(1*)

(1) Program Stdi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam sistem kehidupan manusia, komunikasi merupakan sesuatu yang sangat
diperlukan. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi yang terjadi antara
dua orang atau kelompok-kelompok orang dimana dengan bahasa mereka sendiri
sehingga terjadi saling pengertian dan dapat mengubah tingkah laku mareka. Pendidikan
merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber
daya manusia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur serta
memungkinkan para warganya untuk mengembangkan diri baik yang berkenaan dengan
aspek jasmaniah maupun rohaniah melalui proses komonikasi pembelajaran.
Metodologi penelitian digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan tehnik
pengumpulan data observasi, wawancara, dokumnatsi di Kecamatan Gambut Kabupaten
Banjar. Untuk mencapai tujuan suatu organisasi sangat diperlukan komunikasi efektif,
dan kemampuan berkomunikasi seorang pemimpin memegang peranan penting karena
seorang pemimpin akan berhadapan dengan beraneka ragam manusia dengan berbagai
watak dan latar belakangnya. maka diperlukan pula pemahaman pribadi terhadap
bawahannya secara individual berbeda-beda. Komunikasi dapat dilakukan dengan
bentuk-bentuk seperti instruksi atau perintah, saran, bimbingan, petunjuk, nasehat
maupun kritik yang bersifat konstruktif. Dengan komunikasi baik, efektif dan efisien
yang terjalin antara kepala sekolah dan guru-guru di sekolah mempunyai peranan
penting dalam rangka mencapai tujuan sekolah terutama meningkatkan prestasi siswa
dari waktu ke waktu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abin Stamsuddin, (1996). Pengembangan Profesi dan Kinerja Tenaga Kependidikan

Program Pascasarjana IKIP Bandung.

Anton Athoillah, (2010). Dasar-dasar Manajemen, Pustaka Setia, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional Pendidikan Dasar, Menengah dan Umum, (2001).

Menejemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta.

Devito, Joseph A, (1997). Komunikasi Antar Manusia. Ed. Agus Mulyana, MSM

Translator, Jakarta, Profesional Books.

E. Mulyasa, (2000). Manajemen Berbasis Sekolah, Rosda, Bandung.

H.A.A. Tilaar, (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta.

Iskandar Agung, Yufridawati,(2013) Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan

Sinergis, Antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Bestari Buana Murni,

Jakarta.

Shoimatul Ula, (2013), Manajemen Pendidikan Efektif, Berlian, Yogyakarta.

Tim Redaksi Nuansa Aulia, (2012). Himpunan Perundang-undangan RI tentang: Sistem

Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Undang-Undang RI No. 20 Tahun 3003 Beserta

Penjelasannya. Nuansa Aulia, Bandung.

Umaedi, (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Direktur SLTP,

Jakarta.

Umi Chulsum dan Wendy Novia, (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia,

YoshikoPress, Surabaya.

Yusuf Zainal Abidin, (2015). Manajemen Komunikasi. Filosofi, Konsep, dan Aplikasi,

Pustaka Setia, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v2i1.667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.