STRESS AKADEMIK DAN COPING MAHASISWA MENGHADAPI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

Amallia Putri(1*), Yuline Yuline(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Sari


Studi literatur ini disusun dengan tujuan untuk memaparkan kondisi stress akademik serta coping yang dilakukan mahasiswa mengatasi stress akademik dalam pembelajaran online dimasa pandemi covid-19. Dalam menelaah beberapa jurnal mengenai stress akademik mahasiswa, diperoleh bahwa pandemi serta perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran membuat meningkatnya stress akademik mahasiswa. Banyak permasalahan yang bermunculan akibat dari meningkatnya stress akademik. Untuk mengatasinya mahasiswa perlu melakukan strategi coping stress untuk mengurangi perasaan stress yang terjadi. Coping dimaknai sebagai sebuah usaha individu untuk dapat mengatasi stress yang menghampirinya melalui perubahan kognitif atau perilaku agar memperoleh perasaan aman pada dirinya. Coping stress ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: 1) Problem focused copping yang mengubah atau menghilangkan stressor dan mengurangi dampak stress melalui tindakan individu itu sendiri, dan 2) Emotional focused coping yaitu dengan mengubah cara individu secara emosional bereaksi terhadap penyebab stress. Dengan informasi mengenai pengelolaan stress akademik melalui coping stress mahasiswa diharapkan lebih peduli dan sadar sehingga dapat mengurangi tekanan psikologis dalam menghadapi pembelajaran online dimasa pandemi covid-19.

____________________________________________________________

This literature study was compiled with the aim of explaining the conditions of academic stress and the coping done by students to overcome academic stress in online learning during the covid-19 pandemic. In reviewing several journals regarding student academic stress, it was found that the pandemic and changes that occurred in the learning process had increased student academic stress. Many problems arise as a result of increased academic stress. To overcome this, students need to do stress coping strategies to reduce feelings of stress that occur. Coping is interpreted as an individual's effort to be able to overcome the stress that comes to him through cognitive or behavioral changes in order to gain a feeling of security in himself. Coping stress can be done in two ways, namely: 1) Problem focused coping that changes or eliminates stressors and reduces the impact of stress through the individual's own actions, and 2) Emotional focused coping, namely by changing the way individuals emotionally react to stressors. With information on managing academic stress through coping with stress, students are expected to be more concerned and aware so that they can reduce psychological pressure in dealing with online learning during the COVID-19 pandemic.


Kata Kunci


Stress Akademik; Copping stress; Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6 (2), 241–250.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402

Amany D, Desire A. (2020) Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi guna Mendukung Program WFH pada saat Pandemic COVID-19. ADI Bisnis Digit Interdisiplin J [Internet]. 2020;48–55. Available from: https://adijournal.org/index.php/abdi/article/vie w/116

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Benjet C (2020) Stress management interventions for college students in the context of the covid-19 pandemic. Clinical Psychology Science and practice. DOI: 10.1111/cpsp.12353.

Charismiadji, Indra. (2020). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif, Base Learning Medical Curiculum. Medical Education, 2004 (38), 482-91.

Ciccarelli, S. K. (2015). Psychology 3ed.USA: Pearson.

Eryanti Fachrosi. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR. Supratman 2 Medan. Skripsi (tidak diterbitkan). USU Medan.

Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., Khamida, K. (2020). Stres pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985-992.

Goff.A.M. (2011). Stressor, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal Of Nursing Education Scholarship, 8,923-1548.

Maia, Berta Rodrigues And Dias, Paulo César. (2020). Anxiety, depression and stres in university students: the impact of COVID-19. Estud. psicol. (Campinas) [online]. vol.37.

Nurunnabi M, Hossain SFA, Chinna K, et al. (2020) Coping Strategies of Students for Anxiety during the COVID-19 in China : a cross sectional study. figshare.Dataset.

Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Safaria, T. dan Saputra, N. E. (2009). Manajemen emosi: Sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarafino,E.P.,Smith,T.W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7TH Edition). USA: John Willey & Sons, INC.

Sari D. (2020). Peran Adaptif Tiga Universitas di Jabodetabek dalam Menghadapi Sistem Belajar Online Selama Pandemi COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. 1(1), 25–32.

Simbolon, I. (2015). Gejala Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Akibat Sistem Belajar Blok Di Fakultas Ilmu Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan. 1(1). Januari-Juni 2015.

Teguh, R, Adji, F.F, Wilentine, V, Usup, H& Sahay, A.S. (2020).Dampak psikologis pandemic Covid - 19 terhadap mahasiswa di Kalimantan Tengah. Jurnal. DOI: 10.13140/RG.2.2.26837.04321

Wahyuni, N. E. (2017). Mengelola Stres Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Modification. (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Baru Pendidikan Agama Islam (Pai) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Uin Maliki Malang). Jurnal Tadrib, 3(1), Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.