MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI VERBAL DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK KARTINI JEMBER

Muhammad Thoriq Aziz Alfiyansyah(1), Arifin Nur Budiono(2*), Fakhruddin Mutakin(3)

(1) Universitas Islam Jember
(2) Universitas Islam Jember
(3) Universitas Islam Jember
(*) Corresponding Author

Sari


Kemampuan komunikasi verbal memiliki fungsi menciptakan komunikasi yang efektif dalam bidang pemasaran. Berdasarkan penelitian awal, ditemukan fenomena kemampuan komunikasi verbal siswa yang rendah misalnya siswa sulit mengungkapkan pendapat dalam bentuk verbal dan tidak mampu menyalurkan idenya yang dimiliki sehingga kemampuan komunikasi verbalnya dirasa masih kurang. Sedangkan bidang pemasaran atau marketing dituntut untuk memasarkan produk yang ia miliki dan menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Teknik brainstorming adalah teknik yang dapat membantu siswa atau peserta didik dalam mengasah kemampuan khususnya kretifitas dalam mengolah kata atau kosakata dalam penyampaian pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan konseling (PTBK) yang bertujuan untuk  mengetahui peningkatan kemampun berkomunikasi verbal dengan metode brainstorming. Adapun responden yang terlibat 10 siswa dari 37 siswa yang diambil secara purposive sampling dengan kreteria siswa yang memiliki kemampuan komunikasi verbal rendah. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan  komunikasi verbal melalui metode brainstorming. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan, angket. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa melalui metode brainstorming skor pada pra-tindakan 45,2 pada siklus I pertemuan pertama rata-rata skor 50,9 pada pertemuan kedua rata-rata skor 58,2 dan pada siklus II pasca-tindakan terdapat peningkatan pada pertemuan pertama dengan rata-rata skor 72,3 dan pada pertemuan kedua rata-rata skor 77,4 kategori tinggi pada pasca-tindakan.

________________________________________________________________


Verbal communication skills have possible communication functions in the field of marketing. In the early research, it was found that the phenomenon of low verbal communication skills of students such as rough students in the form of oral and incapable of channeling ideas which is capable of verbal communication is still felt less. While the field of marketing or regional marketing to market the products that he has and establish good communication with clients. Brainstorming technique is a technique in which the village or learners in silan figures, especially creativity in processing words or vocabulary in the sub-district opinion. This research is a funding and abuse research initiative (PTBK) that aims to disseminate the ability to communicate verbally with brainstorming methods. The tersotal attracted 10 students out of 37 students who conducted purposive sampling with student creteria where verbal communication skills were low. The purpose of this research is to improve verbal communication skills through brainstorming methods. Which method of data collection in this study is how to observe and, questionnaire. While the technical data analysis using qualitative descriptive. The results showed that there was an improvement in students' verbal communication skills through the brainstorming method score at pre-action of 45.2 in the first meeting cycle averaging a score of 50.9 at the second meeting averaging a score of 58.2 and in cycle II post-action there was an increase in the first meeting with an average score of 72.3 and in the second meeting an average score of 77.4 in the post-action.


Kata Kunci


Brainstorming; Komunikasi Verbal; Siswa SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isnu, H. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer, 172.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98.

Lianasari, D., & Purwanto, E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1–7. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Maulidyana, M., & Zuhdi, U. (2018). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Materi Ips Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Sdn Gempol 3 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254825.

Rachman, A. (2013). Penguatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Riyadi, U. S. (2019). Adiwidya: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi, 3(2), 108–116.

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ruliana, P. & L. P. (2019). Teori Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sendjaja, S. D. (2016). Komunikasi: Signifikansi, Konsep, dan Sejarah. Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 3), (3), 1–41. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4408/2/SKOM4101-M1.pdf

Siyoto Sandu, S. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayub). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Susanto, H. E. (2018). Komunikasi Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4945

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.