KONTRIBUSI DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN

Noor Anida Rahmadina(1*), Sulistiyana Sulistiyana(2), Muhammad Arsyad(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Proktastinasi akademik merupakan suatu bentuk penundaan dalam menyelesaikan suatu tugas ataupun pekerjaan. Prokrastinasi akademik juga sudah menjadi problem  bagi banyak orang. Maka, tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui kontribusi antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampelnya menggunakan sampel jenuh yaitu mengambil sampel secara keseluruhan. Adapun sampel yang diambil sebanyak 193 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Dengan tekniki analisisi datal menggunakanl regresil lineari sederhanau dan regresio linieari iberganda. Hasil dari Teknikiuanalisisiodatai menggunakani9Uji Regresig LiniearuBergandal mendapatkani hasili bahwa nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai Fhitung 381,356 yang dinyatakan ada kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastnasi akademik dikalangan siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Adapun dari hasil analisis yang ditemukan menyatakan bahwa dukungan sosial dan efikasi diri memberikan kontribusi terhadap prokrastinasi akademik sebesar 80,1%.

___________________________________________________________________

 

Academic procastination is a form of delay in completing a task or job. Academic procrastination has also become a problem for many people. So, the purpose of this study was to describe the social support and self-efficacy of academic procrastination in grade VII students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. And to determine the contribution between social support and self-efficacy on academic procrastination in grade VII students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. This study uses a quantitative approach with the type of research contribution. The data collection tool used a questionnaire and the sampling technique used saturated sample. The sample taken was 193 grade VII students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. With data analysis techniques using simple linear regression and multiple linear regression.The results of the data analysis technique using the Multiple Linear Regression Test show that the sig value is 0.000> 0.05 and the Fcount value is 381.356 which states that there is aysignificantucontribution betweenusocial supportiuand self-efficacy on academicuiprocrastinationijamong seventh grade students at SMP Negeri 27 Banjarmasin. The results of the analysis found that social support and self-efficacy contributed 80.1%.

 

Kata Kunci : Dukungan Sosial; Efikasi Diri; Prokrastinasi Akademik


Kata Kunci


Dukungan Sosial; Efikasi Diri; Prokrastinasi Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzi, R. (2016, 18 Desember). Melawan Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan. Tirto.id (Online). (Diakses dari https://tirto.id/melawan-kebiasaan-menunda-nunda-pekerjaan-b9YW,6 6 Agustus 2019).

Fauziah, H.H. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi. 2 (2): 123-132.

Febrianti, D.I. (2009). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Skripsi pada Sarjana Psikologi. Universitas Dipenogoro Semarang: tidak diterbitkan.

Ferari, R.J. (2010). Still Procrastinating? The No-Regrets Guide to Getting It Done. New York: Wiley.

Ghufron, N.M & Risnawati. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Khotimah, H.R. & Radjah, L.C. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 1 (2): 60-67.

Lumbantoubing, P. A. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Di Pts Stmik-Stie Mikroskil Medan. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia. 1 (1): 1-14.

Muyana. (2018). Problematika menunda-nunda siswa SMP Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi. 1 (2): 45-49.

Pratiwi, D.A. & Sawitri, R.D. (2015). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Efikasi Diri Akademik dan Lama Studi Pada Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Empati. 4 (4): 272-276.

Rahayu,..A. (2018). Hubungan..Dukungan Sosial Dan Konsep..Diri Dengan.. Penyesuaian Diri Remaja Kelas X SMA Angkasa I Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora. 2 (2) : 75 – 81.

Stansfeld, S....(2002). Social support measurement and intervention: A guide for health and social scientists. International Journal of Epidemiology, 31(3), 698–698.

Styawan. (2015). Hubungan Antara Asertivitas dengan dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Naskah Publikasi, (Online).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.3510

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.