PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK (ROLE PLAYING) DALAM MENGATASI BULLYING DI YAYASAN PENYANTUNAN ANAK YATIM PIATU

Muhammad Putra Dinata Saragi(1), Laila Tasmara(2*), Rohiyati Berutu(3), Muhammad Ihsan(4)

(1) UIN Sumatera Utara
(2) UIN Sumatera Utara
(3) UIN Sumatera Utara
(4) UIN Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengurangi perilaku bullying di kalangan remaja dengan penggunaan teknik role playing dalam konseling kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif ataupun di sebut kualitatif. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi dan wawancara kepada narasumber. Sampel yang digunakan adalah 2 orang remaja, yang terdiri dari 1 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Latar belakang pada penelitian ini mencakup pengertian konseling kelompok dan tujuannya, pengertian teknik role playing dan tujuannya serta bagaimana teknik role playing dalam konseling kelompok. Hasil dari penelitian adalah guru bimbingan konseling di sekolah menggunakan teknik role playing dalam mengatasi kasus bully di lingkungan sekolah dalam bentuk memainkan peran di antara korban dan pelaku bully. Kasus bullying yang terjadi pada remaja harus lebih di perhatikan untuk menjaga kesehatan mental individu dalam kegiatannya sehari-hari.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-fattah, M. D. J. (2021). Penggunaan Teknik Role Playing Dalam Konseling Keputusan Karier Siswa. 2016, 90–96.

Andi, S., Pangkep, M., Nomor, U. U., Nasional, S. P., Komisioner, M., Perlindungan, K., Indonesia, A., Rehabilitasi, D., & Sosial, A. K. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bullying Dan Upaya Pencegahannya Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Agungbudiprabowo Universitas Ahmad Dahlan Jl Pramuka No . 42 , Sidikan , Umbulharjo , Yogyakarta , Indonesia ABSTRAK Prosiding Seminar Nasional Pe. 49–55.

Azhari, A. (2019). Implementasi Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Praktik Bullying. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.339

Ekonomi, P., Keguruan, F., & Uhamka, P. (2017). Trisni Handayani. T, 3(1), 1–13.

Fahmi, N. N., & Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan. Jurnal Hisbah, 13(1), 69–84.

Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 19–23.

Herlina, U. (2015). Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. SoSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94–107.

Intervensi, J., & Jisp, P. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976

Muiz, G. A., Marlina, E., & Miharja, S. (2017). Peran Layanan Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pelajar. 5(April), 203–220.

Psikologi, F. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja Matraisa Bara Asie Tumon. 3(1), 1–17.

Ralasari, T. M., & Sukmawati, E. (2019). Konseling Kelompok Untuk Kenakalan Remaja. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.333

Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–17. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/3437

Siti Rianti Rizki Utami. (2013). Pemberian Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Cyberbullying Di Smp Negeri 6 Binjai. Asas Bimbingan Dan Konseling, 4–6.

Syahriman, S., Herawati, A. A., & Nopriani, U. N. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Talk terhadap Burnout Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 80–89. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i2.3776

Taringan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Primary : Jurnal Guru Pendidikan Dasar, 5(November), 102–112. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3898

Zakiyah, e. Z., humaedi, s., & santoso, m. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.9055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.