ATTACHMENT ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: STUDI KORELASIONAL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mutia Tri Wilza(1), Dony Darma Sagita(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah. Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menemukan dan mendeskripsikan bentuk hubungan attachment orang tua dengan kemandirian belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan model deskriptif korelasional dengan jumlah populasi 735 siswa. Pengambilan sampel untuk penelitian ini memakai teknik stratified random sampling dan didapatkan sampel berjumlah 222 responden. Pengujian validitas menggunakan pearson product moment, reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang mendapatkan hasil 0.732 dan 0.788 yang dinyatakan reliable. Hasil analisis data menggunakan Teknik pearson product moment menunjukkan korelasi sebesar 0.368 dan taraf signifikan sebesar 0.000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara attachment orangtua dengan kemandirian belajar. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi attachment orangtua maka akan semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa

Kata Kunci


Attachment orang tua, Kemandirian Belajar, COVID-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a

Aulya Purnama, R., & Wahyuni, S. (2018). Kelekatan (Attachment) pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2762

Brata, W. W. W., Wibowo, F. C., & Rahmadina, N. (2021). Implementation of discovery learning in a digital class and its effect on student learning outcomes and learning independence level [version 1; peer review: 1 approved with reservations]. F1000Research, 10, 1–12. https://doi.org/10.12688/f1000research.51763.1

Desmita, M. S. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Dewi, A. A. A., & Valentina, T. D. (2013). Hubungan Kelekatan Orangtua-Remaja dengan Kemandirian pada Remaja di Smkn 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 181–189. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p18

Enceng, & Irzan, T. (2006). Hubungan Kemandirian. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.

Eva Syifa Fauziah. (2018). Hubungan Kelekatan Guru dan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa di Kelas I MI Far’ul Hidayah Sawangan Baruk Kota Depok.

Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kemandirian Remaja SMA Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(4), 42–51. http://www.jim.unsyiah.ac.id/Psikologi/article/view/1429/761

Fatimah, N. (2018). Hubungan Kelekatan (Attachment) Orangtua Dengan Kemandirian Pada Santri Remaja Di Pesantren Darussa’adah Gubugklakah Poncokusumo Malang. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10449

Hafo, E. (2020). Teori Attachment John Bowlby sebagai pendekatan efektif dalam belajar du dunia modern. 1–41.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Jiao, J., & Segrin, C. (2021). Parent–Emerging-Adult-Child Attachment and Overparenting. Family Relations, 70(3), 859–865. https://doi.org/10.1111/fare.12473

Koehn, A. J., & Kerns, K. A. (2018). Parent–child attachment: meta-analysis of associations with parenting behaviors in middle childhood and adolescence. Attachment and Human Development, 20(4), 378–405. https://doi.org/10.1080/14616734.2017.1408131

Lai, Y. H., & Carr, S. (2018). A critical exploration of child-parent attachment as a contextual construct. Behavioral Sciences, 8(12). https://doi.org/10.3390/bs8120112

Lia Sari, S., Devianti, R., & Safitri, A. (2018). KELEKATAN ORANGTUA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 1(1), 17–31.

Maharani, E. P. (2018). Kelekatan orangtua ( parent attachment ) dan kesehatan sosial-emosional ( social emotional health ) pada remaja skripsi.

Nadhila. (2018). Hubungan antara Kelekatan Orangtua pada Anak dengan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Skripsi. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9667

Nur, R. F. (2009). Hubungan Antara Kelekatan Dengan Teman Sebaya Dan Kemandirian Remaja Kelas XII SMA Pasundan 2 Bandung. 1–220.

Pertiwi, A. B. (2018). Hubungan Kelekatan Orang Tua Dengan Kemandirian Remaja Pada Siswa Di MTs ’Al-Amin Malang. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11.

Rajkumar, R. P. (2020). Attachment theory and psychological responses to the covid-19 pandemic: A narrative review. Psychiatria Danubina, 32(2), 256–261. https://doi.org/10.24869/PSYD.2020.256

Ramanda, P., & Sagita, D. D. (2020). Stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19. Jurnal KOPASTA, 7(2), 94–100.

Roy, A. L. (2018). Intersectional ecologies: Positioning intersectionality in settings-level research. New Directions for Child and Adolescent Development, 2018(161), 31–45. https://doi.org/10.1002/cad

Sagita, D. D., Amsal, M. F., & Fairuz, S. U.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7759

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.