ATTACHMENT ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: STUDI KORELASIONAL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
(1) Universitas Muhammadiyah. Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a
Aulya Purnama, R., & Wahyuni, S. (2018). Kelekatan (Attachment) pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2762
Brata, W. W. W., Wibowo, F. C., & Rahmadina, N. (2021). Implementation of discovery learning in a digital class and its effect on student learning outcomes and learning independence level [version 1; peer review: 1 approved with reservations]. F1000Research, 10, 1–12. https://doi.org/10.12688/f1000research.51763.1
Desmita, M. S. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Dewi, A. A. A., & Valentina, T. D. (2013). Hubungan Kelekatan Orangtua-Remaja dengan Kemandirian pada Remaja di Smkn 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 181–189. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p18
Enceng, & Irzan, T. (2006). Hubungan Kemandirian. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.
Eva Syifa Fauziah. (2018). Hubungan Kelekatan Guru dan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa di Kelas I MI Far’ul Hidayah Sawangan Baruk Kota Depok.
Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kemandirian Remaja SMA Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(4), 42–51. http://www.jim.unsyiah.ac.id/Psikologi/article/view/1429/761
Fatimah, N. (2018). Hubungan Kelekatan (Attachment) Orangtua Dengan Kemandirian Pada Santri Remaja Di Pesantren Darussa’adah Gubugklakah Poncokusumo Malang. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10449
Hafo, E. (2020). Teori Attachment John Bowlby sebagai pendekatan efektif dalam belajar du dunia modern. 1–41.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Jiao, J., & Segrin, C. (2021). Parent–Emerging-Adult-Child Attachment and Overparenting. Family Relations, 70(3), 859–865. https://doi.org/10.1111/fare.12473
Koehn, A. J., & Kerns, K. A. (2018). Parent–child attachment: meta-analysis of associations with parenting behaviors in middle childhood and adolescence. Attachment and Human Development, 20(4), 378–405. https://doi.org/10.1080/14616734.2017.1408131
Lai, Y. H., & Carr, S. (2018). A critical exploration of child-parent attachment as a contextual construct. Behavioral Sciences, 8(12). https://doi.org/10.3390/bs8120112
Lia Sari, S., Devianti, R., & Safitri, A. (2018). KELEKATAN ORANGTUA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 1(1), 17–31.
Maharani, E. P. (2018). Kelekatan orangtua ( parent attachment ) dan kesehatan sosial-emosional ( social emotional health ) pada remaja skripsi.
Nadhila. (2018). Hubungan antara Kelekatan Orangtua pada Anak dengan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Skripsi. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9667
Nur, R. F. (2009). Hubungan Antara Kelekatan Dengan Teman Sebaya Dan Kemandirian Remaja Kelas XII SMA Pasundan 2 Bandung. 1–220.
Pertiwi, A. B. (2018). Hubungan Kelekatan Orang Tua Dengan Kemandirian Remaja Pada Siswa Di MTs ’Al-Amin Malang. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11.
Rajkumar, R. P. (2020). Attachment theory and psychological responses to the covid-19 pandemic: A narrative review. Psychiatria Danubina, 32(2), 256–261. https://doi.org/10.24869/PSYD.2020.256
Ramanda, P., & Sagita, D. D. (2020). Stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19. Jurnal KOPASTA, 7(2), 94–100.
Roy, A. L. (2018). Intersectional ecologies: Positioning intersectionality in settings-level research. New Directions for Child and Adolescent Development, 2018(161), 31–45. https://doi.org/10.1002/cad
Sagita, D. D., Amsal, M. F., & Fairuz, S. U.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7759
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.