SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING DI INDONESIA: PROBLEMATIKA DAN ALTERNATIF SOLUSI

Ach. Sudrajad Nurismawan(1*), Budi Purwoko(2), Hadi Warsito Wiryosutomo(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penyusunan artikel ini adalah menjabarkan problematika dan faktor penyebab ketidakefektifan supervisi konseling, serta memberikan sejumlah alternatif solusi bagi problematika tersebut. Artikel ini menggunakan metode studi literatur pada berbagai artikel jurnal dan buku terbaru yang dinilai paling relevan dalam menjawab tujuan tersebut. Hasil dari artikel ini memperlihatkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi konseling lebih bersifat administratif dan belum mengarah pada ranah klinis, 2) banyak sekolah yang belum menjadwalkan secara sistematis terkait proses evaluasi dan supervisi pada layanan yang telah dilaksanakan, 3) banyak supervisor layanan BK yang tidak berlatar belakang BK, 4) keenganan pihak kepala sekolah atau pimpinan pendidikan untuk belajar dan memahami layanan BK di sekolah, 5) minimnya instrument supervisi konseling yang akurat sesuai dengan konteks di lapangan. Sedangkan untuk alternatif solusi meliputi: 1) menyelenggarakan pelatihan supervisi konseling dari praktisi dan akademisi BK khususnya bagi pengawas/supervisor dan kepala sekolah, 2) perlunya pengembangan model dan instrumen supervisi konseling yang kredibel, 3) forum Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) harus memberikan workshop berkaitan dengan paradigma supervisi konseling pada guru BK, 4) secara bertahap para pengawas/supervisor dan konselor perlu mengubah pola supervisi dari sebatas administrasi menjadi supervisi klinis, 5) melakukan pelatihan dan supervisi kelompok sebagai alternatif pelaksanaan supervisi terbimbing.


Kata Kunci


Supervisi Konseling; Problematika; Solusi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aasheim, L. (2011). Practical clinical supervision for counselors: An experiential guide. Springer Publishing Company.

Barrett, J., Gonsalvez, C. J., & Shires, A. (2020). Evidence‐based practice within supervision during psychology practitioner training: A systematic review. Clinical Psychologist, 24(1), 3–17.

Bernard, J. M., & Goodyear, R. K. (2005). of Clinical Supervision. Supervision in Counseling: Interdisciplinary Issues and Research, 24(1–2), 3.

Bultsma, S. A. (2012). Supervision experiences of new professional school counselors. Michigan Journal of Counseling: Research, Theory and Practice, 39(1), 2.

Flanagan, P. G., Gee, S., Holden, L., McGoran, M., Meyenberg, L. A., Pringle, G., & Townend, H. (2021). Supervision and continuing professional development: Supervisors’ hopes for meaningful, supervision-supported CPD.

Gunawan, H. (2016). Hubungan Supervisi Akademik Pengawas, Pengetahuan Evaluasi Bimbingan dan Konseling dengan Kinerja Konselor SMA Negeri di Kota Makassar (Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar).

Himdani, H., Pramono, S. E., & Awalya, A. (2017). Pengembangan model supervisi klinis teknik konseling kelompok pada guru BK SMA Kabupaten Lombok Timur. Educational Management, 6(1), 1–8.

Kemendikbud. (2016). Panduan Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Kurniati, D., Musyofah, T., & Ojil, A. P. (2021). Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK SMA Kabupaten Rejang Lebong. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 133–148.

Kusumah, T. B. (2016). elaksanaan Supervisi Guru Bimbingan dan Konseling di Kabupaten Cirebon (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ladany, N., Mori, Y., & Mehr, K. E. (2013). Effective and ineffective supervision. The Counseling Psychologist, 41(1), 28–47.

Lian, B., & Putra, A. Y. (2022). EFEKTIVITAS SUPERVISI SEBAYA MELALUI MGBK SMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BK DI KOTA PALEMBANG. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 39(1), 33–42.

Litam, S. D. A., Ausloos, C. D., & Harrichand, J. J. S. (2021). Stress and Resilience Among Professional Counselors During the COVID‐19 Pandemic. Journal of Counseling & Development, 99(4), 384–395.

Nurhasanah, F. (2020). Pelaksanaan Program Supervisi Terhadap Kinerja guru BK di SMP Negeri 5 Pamekasan (Skripsi, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Putri, F. R. (2018). Pengaruh Supervisi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling SMA Negeri Se-Kota Jambi. Kinerja Guru BK, Supervisi BK.

Rahmawati, E. (2020). Dampak Supervisi Bimbingan dan Konseling Terhadap Kinerja Guru BK: Studi Kasus di SMA Kabupaten Majalengka (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia).

Reza, M. K., & Sugiyo, S. (2015). Faktor-Faktor Internal Penghambat Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(4).

Savitz-Romer, M., Rowan-Kenyon, H. T., Nicola, T. P., Alexander, E., & Carroll, S. (2021). When the kids are not alright: School counseling in the time of COVID-19. Aera Open, 7, 23328584211033600.

Setyawati, E. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BK DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM BK KOMPREHENSIF MELALUI PELATIHAN DAN SUPERVISI KELOMPOK (penelitian intervensi terhadap guru bk se-kabupaten Indramayu) (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia).

Strear, M., Duffy, H., & Sunde, A. (2021). When Schools Go Dark, School Counselors Shine: School Counseling during a Global Pandemic. Brief. American Institutes for Research.

Tang, A. (2020). The impact of school counseling supervision on practicing school counselors’ self-efficacy in building a comprehensive school counseling program. Professional School Counseling, 23(1), 2156759X20947723.

Taufiq, A. (2018). Model Supervisi yang Membelajarkan Bagi Konselor Sekolah dan Profesi Sejenis. PEDAGOGIA, 15(3), 224–232.

Tugendrajch, S. K., Sheerin, K. M., Andrews, J. H., Reimers, R., Marriott, B. R., Cho, E., & Hawley, K. M. (2021). What is the evidence for supervision best practices? The Clinical Supervisor, 40(1), 68–87.

Ulfa, U., Sugiyo, S., & Purwanto, E. (2014). MODEL PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(1).

Wibowo, M. E. (2017). Profesi Konselor dalam Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(2).

Wirata, I. M. S., NATAJAYA, D. R. I. N., & DANTES, K. R. (2015). Kontribusi Supervisi Bimbingan Konseling, Iklim Kerja Sekolah Dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pembimbing SMA Se Kabupaten Tabanan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(1).

Wutsqo, B. U., Amalianingsih, R., Kiranida, O., & Marjo, H. K. (2021). Masalah Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 51–59.

Yunani, A., Utami, F. P., Yusnita, V., Yeni, A., & Azwar, B. (2021). PENGARUH SUPERVISI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM BK DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI 30 SMP PROVINSI BENGKULU TAHUN 2020). International Virtual Conference on Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 82–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7242

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.