MOTIVASI INSTRINSIK, DUKUNGAN SOSIAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI

Hengki Yandri(1*), Harmalis Harmalis(2), Nuzmi Sasferi(3), Naidarti Naidarti(4), Dosi Juliawati(5)

(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(4) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(5) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan negatif dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 72 mahasiswa yang diambil dari mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik, dukungan sosial, dan motivasi intrinsik. Data tersebut diolah dengan menggunakan metode analisis Regresi Berganda dengan bantuan komputer melalui aplikasi SPSS Versi 17. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi (R) antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik sebesar 0,826 dengan P=0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Nilai R2 (R Square) sebesar 0,682, artinya bahwa persentase sumbangan antara dukungan sosial dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar 68,2 %

Kata Kunci


dukungan sosial, motivasi intrinsik, prokrastinasi akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Chaplin, J. P. (2002), Kamus lengkap Psikologi. Jakarta.:Raja Grafindo Persada

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Elliot, A. J., Faler, J., McGregor, H. A., Campbell, W. K., Sedikides, C., & Harackiewicz, J. M. (2000). Competence valuation as a strategic intrinsic motivation process. Personality and Social Psychology Bulletin, 26(7), 780-794

Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 65-78. http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4300

Fausiah, N. L. (2011). Hubungan Motivasi Intrinsik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Aktivis Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Mkassar).

Ferrari, J. R. (1991). Self-handicapping by procrastinators: Protecting self-esteem, social-esteem, or both?. Journal of Research in Personality, 25(3), 245-261.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Springer Science & Business Media.

Ghufron, M. N & Risnawati R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap Penerapan disiplin orangtua dengan Prokrastinasi akademik (Doctoral dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).

Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Juliawati, D. (2014). Efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. In Proceedings of International Guidance and Counseling Conference. Retrieved from https://www. researchgate. net/publication/327915616_EFEKTIVITAS_LAYANAN_BIMBINGAN_KELOMPOK_MENGURANGI_PROKRASTINASI_AKADEMIK_SISWA.

Juliawati, D. (2017). Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 43-49.

Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19-26. https://doi.org/10.26638/jfk.485.2099

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19-28.

Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada lansia di panti wredha budhi dharma yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1-12.

Pradinata, S., & Susilo, J. D. (2016). Prokrastinasi Akademik dan Dukungan Sosial Teman Sebaya pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Experientia, 4(2), 85-95.

Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat kendali dan efikasi-diri sebagai prediktor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(3), 51-66.

Sarafino, E. P. (1998). Health Pschology : Biopsychosocial Interactions. New York: United State of Amarica.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological bulletin, 133(1), 65.

Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogykarta: Andi Offset.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Wiyarti, H. A., & Setyawan, I. (2018). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi menghafal al-qur’an pada santri di pondok pesantren modern islam assalaam surakarta. Empati, 6(4), 33-36.

Yandri, H., & Juliawati, D. (2018). Profile of the problem of the adolescent with parents as Indonesian migrant workers. Konselor, 7(4), 160-165. https://doi.org/10.24036/0201874101452-0-00




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i2.5103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.