BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PELAIHARI

Laelatul Anisah(1*), Eka Sri Handayani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek yang bisa mengantarkan siswa sukses dalam proses pembelajaran. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, siswa mampu mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Mengingat kepercayaan diri sangat penting bagi seorang siswa, maka guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah menyediakan berbagai layanan bimbingan dan konseling agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri, salah satu layanan yang dapat diberikan adalah bimbingan kelompok dengan teknik modelling.

Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain: (1) mengetahui gambaran kepercayaan diri di SMP Negeri 1 Pelaihari, (2) mengetahui gambaran kepercayaan diri sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik modelling pada siswa SMP Negeri 1 Pelaihari, (3) mengetahui kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Pelaihari dapat diatasi melalui bimbingan kelompok dengan teknik modelling.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental (non parametris). Penelitian ini termasuk jenis quasi-eksperimental design, dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Dengan metode one group pretest and posttest design berarti sampel diberikan tes sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan tertentu, sehingga subyek dikenakan dua kali pengukuran.

Hasil penelitian ini adalah (1) Kepercayaan diri siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 101 termasuk dalam kategori rendah dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 197 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Peningkatan kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 96, (3) Hasil perhitungan pada tabel di atas, dapat diketahui bahwa t hitung (18,569) > t tabel (0,703), jadi Ho (Hipotesis Nol ditolak) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik modelling.


Kata Kunci


Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bieling, P., Mccabe, R., & Antony, M. (2006). Cognitive Behavioral Therapy In Groups. New York London: The Guilford Press.

Corey, Gerald. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Gibson, Robert, Mitchell M. (2011). Bimbingan & Konseling. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding, S. (2012). Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Cetakan I. Edisi Ke Enam. Jakarta: Indeks.

Jacobs, Masson, & Harvill, (2012). Group Counseling Strategies And Skills. Seventh Edition. West Virginia University. America: Brooks/Cole

Jones, Richard Nelson. (2011). Teori Dan Praktik Konseling Dan Terapi. Fourth Edition.Cetakan I. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni Dan Karsih. (2011). Teori Dan Teknik Konseling Jakarta: PT Indeks.

Natawidjaja, R. (2009). Konseling Kelompok Konsep Dasar & Pendekatan. Cetakan I. Bandung: Rizqi Press.

Nursalim, M. (2013). Strategi & Intervensi Konseling. Cetakan I. Akademia Permata. Jakarta: Indeks

Purwanto, Edy. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. (20112). Pemahaman Individu. Observasi, Cheklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Edisi Revisi. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, Mungin Eddy. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: UPT. Unnes Press

Winkel dan Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Woolfolk, Anita. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition. Tenth Edition. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i3.3771

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.