KONSELING PASCA PERKAWINAN

Sri Ayatina Hayati(1*), Winda Novaliany(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kehidupan perkawinan dapat disebut menyatukan dua keunikan. Perbedaan watak, karakter, selera dan pengetahuan dari dua orang yang disatukan dalam rumah tangga, hidup bersama dalam waktu yang lama. Beberapa problema rumah tangga yang membutuhkan pembimbing atau konselor dalam pemecahan masalahnya antara lain; masalah ekonomi yang kurang tercukupi dapat menjadi pemicu ketegangan dalam keluarga, perbedaan watak dan karakter serta perbedaan kepribadian yang terlalu tajam antara suami isteri yang sulit menemukan titik temu, kesibukan suami istri yang lebih banyak berada di luar rumah dan perselingkuhan. Demikian pula kesenjangan pendidikan antara suami dan istri, kejenuhan rutinitas terutama istri yang tidak punya kegiatan di luar rumah dan yang utama adalah karena jauh dari agama. Tujuan dari konseling perkawinan dan keluarga islami adalah untuk memecahkan masalah yang tengah dihadapi sebuah keluarga apakah suami atau istri dan anak-anaknya dan klien dapat secara mandiri membuat keputusan terbaik menurut dirinyadan keluarganya.


Kata Kunci


onseling, Keluarga, Islami

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Bukhari al Ja’fiy,Muhammad bin Ismail Abu Abdillah.shahih Bukhari, jus 6, Beirut: dar ibn Katsir, tt. Arifin,Gur.Menikah untuk Bahagia,Jakarta:Gramedia, 2013.

Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 1, Nomor 1 Desember 2014 : 1-97

Darajat,Zakiyah,Kesehatan mental, peranannya dalam Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: IAIN Press, 1984.

Departemen Agama RI., Al-Quran dan terjemahnya, Bandung: Al-Jumatul Ali, 2005

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Masri al,Syekh Mahmud.Al Sawaid al Islami Al Sa’id, terj. Imam Firdaus dengan judul BekalPernikahan,Jakarta: Qisthi Press, 2010.

Mufidah Ch.,Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Jender,Malang: IAIN Malang Press, 2008. Musnawar,Tohari.Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, Jogyakarta: UII Press, 1992.

Syahraeni,Bimbingan Keluarga Sakinah,Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Willis,Sofyan S.Konseling keluarga,Bandung; Alfabeta, 2011.

Zahra,Muhammad Abu.Tanzib al Islam al Mujtama’, Alih bahasa Shadiq Nor Rahman, MembangunMasyarakat Islam,Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i4.3760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.