LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA BINGKA KARIER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI DALAM MEMUTUSKAN KARIER SISWA KELAS XI IA 1 DI SMAN 1 ALALAK KABUPATEN BATOLA

Yulianoor Yulianoor(1*), Jarkawi Jarkawi(2), Eka Sri Handayani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author

Sari


Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu jenjang pendidikan formal yang ditempuh oleh siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada jenjang ini, siswa berada pada fase memasuki dunia pendidikan tinggi atau dunia kerja yang merupakan kesempatan untuk membentuk integritas profesi yang didambakannya. Setiap individu akan mengalami fase pemilihan karier, dalam fase ini kita dituntut untuk menjalani sesuatu hal yaitu Karier/bekerja.

Ketika sudah dalam fase tersebut kita akan mengambil keputusan yang penting. Kenapa bisa dibilang penting? Karena saat itu kita akan menentukan masa depan kita, bekerja dengan kemampuan atau bekerja dengan tuntutan. Permasalahan dalam hal karier merupakan permasalahan  masa depan siswa. Berkaitan dengan permasalahan mengenai pemahaman dalam membuat keputusan karier. Sebagaimana beberapa hal yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Guru BK dan hasil DCM Siswa di kelas XI IA (IPA) 1 di SMA Negeri 1 Alalak diketahui bahwa pemahaman siswa dalam membuat keputusan karier memang kurang. Dari perhitungan persentase rata-rata pemahaman siswa tentang cara membuat keputusan karier sebelum mendapatkan perlakuan adalah 23.64% dan termasuk kategori sangat rendah. Namun, setelah mendapatkan perlakuan persentase rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 10,64% menjadi 33.64% dan termasuk kategori sangat rendah. Gambaran pemahaman siswa tentang cara membuat keputusan karier berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa setelah diberikan layanan informasi karier dari 23 siswa, secara umum diperoleh 19 siswa atau  86,60%  berada pada kategori tinggi dan sebanyak 4 atau 17,35% siswa berada dalam kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa setelah diberi perlakuan selama tiga kali pertemuan terjadi peningkatan yaitu sebesar 10,00%. Hal ini menggambarkan bahwa dengan layanan informasi karier yang diberikan pada siswa XI IA 1 di SMA Negeri 1 Alalak berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang cara membuat keputusan karier siswa.


Kata Kunci


Layanan Informasi, Media Bingka Karier, Pembuatan Keputusan

Teks Lengkap:

XML

Referensi


Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Gibson, R.L & Marianne H.M. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan & Konseling. Jakarta Barat : Akademia Permata.

Sukardi, Dewa Ketut Dan Kusmawati, Desak P.E. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sutuyo, Anwar. 2012. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Anisa, S., & Nursalim, M. (2010). Efektivitas Media" Pizza Karier" dalam Pemberian Layanan Informasi Karier. Jurnal Unesa, hlm, 1-13.

Novitasari, P. (2013). Meningkatkan Pemahaman Cara Membuat Keputusan Karier melalui Layanan Informasi Karier. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(1).

Nursalim, m. (2013). Meningkatkan pemahaman karier siswa dengan pemberian layanan informasi karier di kelas xi is-4 sma negeri 13 surabaya (suatu penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling). Jurnal bk unesa, 1(1).

https://fkipuijember.wordpress.com/2013/06/03/karier-dalam-persfektif-islam/ 14/04/2017

https://id.wikipedia.org/wiki/Bingka 28/04/17




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1235

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.