EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MELALUI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA KELAS VII DI MTS AL-AZHAR KEC.ALALAK KAB.BATOLA TAHUN AJARAN 2017/2018

Siti Aisyah(1*), Hamzah Hamzah(2), Farial Farial(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada fenomena yang terjadi di MTs Al-Azhar Kec.Alalak Kab.Batola bahwa terdapat siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah layanan, serta mengetahui tingkat efektivitas layanan penguasaan konten melalui metode pembelajaran simulasi dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VII. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design dengan rancangan one group pretes and post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Al-Azhar Kec.Alalak Kab.Batola yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah paired sampel t-test. Dari hasil uji paired sampel t-test menunjukan bahwa Thitung -14,76 > Ttabel -1,701 sehingga hipotesis diterima. Kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten melalui metode pembelajaran simulasi dengan teknik sosiodrama.


Kata Kunci


Kecerdasan Emosional; Layanan Penguasaan Konten; Sosiodrama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darajat, Zakiyah. (2008). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21 Kritik MI, EI, SQ, AQ & Succesful Intelligence Atas IQ. Bandung: Alfabeta.

Indriyani, M. (2013). Upaya Meningkatkan Emotional Quotien (EQ) Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Gebong Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. (Doctoral dissertation, FKIP UMK). Diakses darihttp://eprints.umk.aac.id/2268/1/Halaman_Judul.pdf.

Sugiyono. (2015). Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pamudya, Day Shella Elqurahma Citra. (2014). Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kebakkeramat Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Sebelas Maret. Diakses dari http://eprints.uns.ac.id/17220/1/AWAL.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.