HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI

Tutus Rani Arifa(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara berpikir kritis dan pemahaman bacaan dengan kemampuan menulis argumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 03, 04, 05, 07, 08 Kota Banyumudal Pemalang. Instrumen yang digunakan adalah tes esai dan rubrik keterampilan menulis argumentasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) berpikir kritis memiliki hubungan positif dengan hasil kemampuan menulis argumentasi dengan nilai r=0,421, koefesien determinasi 0,1772, dan peresamaan regresi Ŷ=15,106 + 0,114x1  2) membaca pemahaman memiliki hubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi dengan nilai r=0,439, koefesien determinasi 0,1927, dan persamaan regresi Ŷ=13,18+0,516X2, 3) berpikir kritis dan membaca pemahaman secara bersama-sama berhubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi dengan r=0,559, koefesien determinasi 0,3124, dan persamaan regresi ganda Ŷ=4,428+0,096X1+0,445X2. Kesimpulan  penelitian ini adalah berpikir kritis memberikan kontribusi yang lebih besar kepada kemampuan menulis argumen dibandingkan dengan pemahaman bacaan.

Kata Kunci: keterampilan menulis argumentasi; berpikir kritis; membaca pemahaman; siswa Sekolah Dasar

 

THE RELATIONSHIP OF CRITICAL THINKING AND READING COMPREHENSION TOWARD ARGUMENTATIVE WRITING ABILITY

 

English: The aims of this study was to determine the relationship of critical thinking and reading comprehension toward the argumentative writing ability. The subjects of this study were students of SDN 03, 04, 05, 07 08 Banyumudal City Pemalang. The instrument used is essay test and rubric of argumentation writing skills. Research data were analyzed with simple correlation techniques. The results of the study found that: 1) critical thinking has a positive relationship with the results of the ability to write arguments with a value of r = 0.421, the determination coefficient 0.1772, and the regression equation Ŷ = 15.106 + 0.114x1 2) reading comprehension has a positive relationship with the ability to write arguments with the value of r = 0.439, the determination coefficient of 0.1927, and the regression equation Ŷ = 13.18 + 0.516X2, 3) critical thinking and reading comprehension together are positively related to the ability to write arguments with r = 0.559, the determination coefficient of 0.3124 , and the multiple regression equation Ŷ = 4,428 + 0,096X1 + 0,445X2. The conclusion of this study is that critical thinking contributes more to the ability to write arguments compared to reading comprehension.

Keywords: argumentation writing skills; critical thinking; reading comprehension; Elementary School students


Keywords


Keterampilan menulis argumentasi; berpikir kritis; membaca pemahaman; siswa sekolah dasar

References


Abdul Chaer. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Jujun, S. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer . Jakarta : Sinar Harapan

Syukur, G. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung :PT. Refika Aditama

Taiping Xu. (2015), Qualitative Research on the Using of Writing Workshop Techniques in English Writing Class”. Journal of Language Teaching and Research ( Vol 6, No 5) Diambil kembali dari http://web.b.ebscohost.com

Ahmad Ridhani. (2015, Desember 2). , Tipe Argumen Wacana Argumentasi Tulis Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi (Vol.12 Cetakan ke 1) Diambil kembali http://jurnal.unimed.ac.id/

Wanda Teays, (2006), Second Thoughts: Critical thingking for A Diserve Society (New York: Mc. Graw Hill)

Yulia A.S, (2015). , Efektifitas Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPI Sabilillah Diambil dari http://palimpsest.fisip.unair.ac.id

Larry W. Howard, et al (2015, November 21). Teaching Critical Thinking Skills: Ability, Motivation, Intervention, and the Pygmalion Effect. Journal of Language Teaching and Research Diambil dari http://web.b.ebscohost.com/

Lizamuddin, M. (2006). Pijar – Pijar Pemikiran Bahasa dan Budaya. Jakarta: Diadit Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tutus Rani Arifa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.