EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SELAMA PANDEMIK COVID 19 PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN

Muhammad Yuhdhi(1*), Emilda Prasiska(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Sektor pendidikan menjadi salah satu yang terdampak akibat adanya pandemik Covid 19, sehingga kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan dengan metode tatap muka di kelas, menjadi beralih ke kegiatan belajar mengajar di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan luring selama pandemik Covid 19 pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Kriteria dalam angke penelitian ini terhadap efektivitas penggunaan daring dan luring dalam mata pelajaran kimia selama pandemik Covid 19 yaitu pencapaian tujuan instruksional, pengalaman belajar atraktif, ketuntasan belajar, hasil belajar, minat dan motivasi, serta sarana dan sumber daya. Persepsi siswa dalam mengisi angket menjadi dasar menentukan efektiktivas pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data berupa penyeberan angket secara online. Pengolahan data menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran luring lebih efektif daripada pembelajaran daring pada mata pelajaran kimia, dimana berdasarkan perhitungan metode MAUT menghasilkan 0,68 pembelajaran luring dan 0.16 untuk nilai pembelajaran daring.


Kata Kunci


Efektivitas pembelajaran; pembelajaran daring; pembelajaran luring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.28 Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory(MAUT). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(2), 370–376.

Maulah, S., Nurul, F., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 50-61.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Perdana Group.

Muliadi, A., Mirawati, B. & Jannah, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5 (2), 625-633.

Pengelola Prudential. (2020). Apa Itu Sebenarnya Pandemi Covid 19. Retrieved from https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi- covid-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia/

Sari, S. I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 145-152.

Satria, E., Atina, N., Simbolon, M. E., & Windarto, A. P. (2018). Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(2), 168. https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.9954

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.6868

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari