PERBANDINGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN SOS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Saribatul Aslamiah(1*), Antoni Pardede(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode TGT menggunakan media permainan SOS (kelas eksperiment) dengan model pembelajaran problem based learning sederhana (kelas kontrol). Peneitian ini menggunakan penelitian eksperiment semu desain penelitian nonekuivalen control group design, mengambil 2 kelas sebagai sampel eksperimen dan kontrol dengan masing-masing siswa 33 orang Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang didapat, pada siswa kelas XI ipa 2 (kelas eksperiment) mendapatkan hasil belajar kognitif siswa rata-rata nilai 81,21, kemudian dibandingkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI ipa 1 (kelas kontrol) yang memiliki rata-rata nilai 72,27. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran TGT dengan media permainan SOS efektif dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif

Kata Kunci


TGT , Model pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1-5.

Kurniawati, D., Ainy, C., & Hidayatullah, A. (2019). Pembelajaran Modelteams Games Tournament Dengan Media Engklut (Engklek Ular Tangga) Pada Pembelajaran Matematika. Matematics Paedagogic, 4(1), 57-65.

Mahmudah, S., Yuridka, F., Mashuri, M. T. (2019). Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Teams-Games Tournament Dan Team-Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ajar Tata Nama Senyawa Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 16-21.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 4(1), 1-9.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : PT Alfabet.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanminat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wahidah, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 06. Skripsi. Lampung : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i2.3910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari