KAJIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN AKTIVITAS AESOP’S DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROKARBON

Pebbriani Clarita Lewier(1*), Kelly Sinaga(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Berpikir kritis merupakan salah satu atribut yang harus dikembangkan dalam pembelajaran karena dengan berpikir kritis seseorang dapat menganalisis, menjelaskan dan menyimpulkan informasi yang diterima sehingga dapat memahami inti pembelajaran. Fakta yang terjadi siswa masih kurang dalam berpikir kritis yang dapat dilihat dari kurangnya kemampuan siswa menganalisis informasi yang diberikan karena cenderung menerima informasi tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Maka penting bagi guru mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa saat pembelajaran materi hidrokarbon. Pendekatan aktivitas Aesop’s dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui keterampilan berbasis observasi, logika hipotesis deduktif, analisis data dan inkuiri terbimbing. Sehingga tujuan dari artikel ini untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi hidrokarbon melalui pendekatan aktivitas Aesop’s. Metode penelitian terdiri atas dua tahap yaitu: 1) Studi literatur menggunakan 31 referensi untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis dan pendekatan aktivitas Aesop’s. 2) Penerapan dan observasi disalah satu sekolah Kristen di Jakarta. Hasil pembahasan yang diperoleh adalah: 1) Siswa dapat menjelaskan data faktual dengan jelas di LKS. 2) Memahami pertanyaan pada soal kuis dan menjawab dengan benar. 3) Menarik suatu kesimpulan pembelajaran berdasarkan hasil diskusi siswa. Hasil dari pendekatan aktivitas Aesop’s tersebut dapat disimpulkan mampu menuntun siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan dapat digunakan untuk menjelaskan informasi dengan pengetahuan yang benar sesuai dengan kehendak Tuhan maka saran dalam penulisan ini adalah diperlukan penelitian lebih lanjut agar dapat berlangsung dengan efektif.

Kata Kunci


berpikir kritis, hidrokarbon, pendekatan aktivitas Aesop’s

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfathy, R. M., Susanto, H., & Marwoto, P. (2018). Penerapan Aktivitas Aesop’s Berbantuan Guidance Worksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 48.

Berkhof, L. (2016). Teologi Sistematika Volume 1: Doktrin Allah. Surabaya: Momentum.

Berkhof, L. (2017). Teologi Sistematika Volume 2: Doktrin Manusia. Surabaya: Momentum.

Calvin, Y. (2015). Institutio Pengajaran Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Knight, G. (2009). Filsafat & pendidikan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan press.

Pardede, P. (2016). Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pendidikan Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, I, 1–32.

Pazmiño, R. W. (2001). God Our Teacher: Theological Basics In Christian Education (2d Ed.). Michigan: Baker Academic.

Putri, D. A., Suwatno, S., & Sobandi, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Team Games Tournaments Dan Team Assisted Individualization. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 1.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian berpikir kritis pada metode inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74.

Sudarmin, Prasetya, A. T., & Pahlevi, M. (2012). Penerapan Pendekatan Aesop’s Berbantuan Guidance Worksheet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 123–130.

Sumarni, W. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kimia Dengan Aktivitas Aesop (Mpk-Aa) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(1), 25–32.

Taufiq, M. W. (2016). Live Your Highest Value. Jakarta: Gramedia.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i2.3909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari