PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN

Marlinasari Marlinasari(1*), Mohan Taufiq Mashuri(2), Gusti Hadiatus Solehah(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Dari hasil analisis data dengan uji Independent Sample Test dapat diketahui Zhitung = 2.807 terletak diluar daerah penerimaan H0(-1.96 < Z < 1.96). Karena Zhitung> 1.96 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid, dengan 21.43% siswa kelas eksperimen tergolong memiliki minat belajar kimia yang tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 10.71%. Untuk meningkatkan minat belajar kimia siswa, pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru-guru kimia sebagai variasi dalam melaksanakan pembelajaran kimia.

Kata Kunci


Media Pembelajaran; Media Komik; Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Irianto, A. (2009). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Kristanti, & dkk. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Pemanasan Global Berbasis Komik di SMPN 4 Delanggu. Jurnal Inkuiri, 4(1), 117-221.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Universitas Pendidikan Indonesia, 12(1), -.

Novisilta, F. (2016). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VII SMP Katolik 2 W.R.Soepratman Barong Tongkok di Kutai Barat pada Materi Konsep Zat. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Raini, Y. (2011). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Media Grafis Komik-Kartun pada Pokok Bahasan Larutan Asam-Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Kota Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Sujarweni, W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1499

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari