PENGARUH MEDIA KARTU ISOMER BERGAMBAR PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK

Hernita Karolina(1*), Mohan Taufiq Mashuri(2), Fitrah Yuridka(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan 2 cara berbeda. kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media kartu isomer, sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen berupa pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar yang terdiri atas 19 soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media kartu isomer lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer.

Kata Kunci


media kartu isomer, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Jakarta: Alumni.

Mashami, R. A., Andayani, Y. & Sofia, B. F. D. (2014). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 4, 407-414.

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel.Al-Khwarizmi, 1, 43-48.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utsman, F. R. (2015). Panduan Statistika Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.

Wibawanto, W. (2017). Desain Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Wasilah, E. B. (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1, 82-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari