PERENCANAAN SISTEM INSTALASI HIDRANT PADA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN

Khairil Anwar(1*), Muhammad Firman(2), Muhammad Irfansyah(3)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(3) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Fire Hydrant System adalah suatu sistem pemadam api yang dioperasikan secara manual oleh operator (manusia) dengan menggunakan media pemadamnya air dan disepanjang instalasi pempipaan mengandung air bertekanan sampai pada titik Hydrant Valve, Hose reel, Hydrant Pillar atau perangkat lainnya. Suatu sistem hidrant tak terlepas dari kinerja pompa yang dimana pompa adalah sebagai penggerak dari sistem hidrant itu sendiri. Khususnya untuk bangunan gedung, pemilihan jenis dan kapasitas pompa dapat ditentukan setelah mengetahui karakteristik dari gedung itu sendiri.

Metode penelitian yang dipakai adalah metode perencanaan yaitu sebuah metode penelitian dengan cara mengukur luas area gedung bertingkat, menentukan rumus-rumus perpipaan beserta head kerugiannya, mendesain sebuah rancangan instalasi hidrant beserta alat dan bahan yang dipakai. Setelah mengetahui data-data perencanaan sistem hidrant berupa : Jenis cairan : Air, masa jenis cairan : 1 kg/liter, temperatur cairan : 25°C, Kapasitas 2400 L/menit, penggerak motor listrik, dan putaran 2900 rpm. Didapat hasil perhitungan instalasi pompa hidrant adalah kerugian total yang terjadi di sepanjang pipa isap adalah : 17,55 m, kerugian total yang terjadi di sepanjang pipa tekan adalah : 36,05 m, head total pompa : 121 m, putaran spesifik pompa : 23,96, efesiensi pompa sebesar 80 % , dan daya pompa sebesar : 6,05 Hp.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Orianto, W.A Pratikto. 1984. Mekanika Fluida I. Surabaya.

Robert J. Kodoatie. 2009. Hidrolika Terapan Aliran pada Saluran Terbuka dan Pipa. Yogyakarta.

SKBI-3.4.53.1987. Panduan Pemasangan Sistem Hidrant Untuk Pencegahan Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Rumah dan Gedung. Departemen Pekerjaan Umum.

Sularso, Haruo, Tahara. 2004. Pompa dan Kompresor. Pemilihan, pemakaian, dan pemeliharaan. Jakarta

http://disnaker.jatimprov.go.id/index.php. Standar Pelayanan Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

http://enveng.undip.ac.idenveng@undip.ac.id ( Judul : Apar (Alat Pemadam api Ringan) dan Instalasi Hydrant sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di area pabrik PT. Petrokimia Gresik ).

http://jurnal.unimus.ac.id-jurnal vol. 7 no. 1 juni 2008 issn : 1693 – 3451.

http://www.bentley.com/en-us/promo/hm+solutions/water+ebook.html

Perencanaan Kontrol Start Otomatis Pompa Hydrant di Politeknik Negeri Bali.

http://www.pipeflow.co.uk,“pipeflowexpert”,Software.2006 Judul : Evaluasi Fire Protection System pada Fuel Supply System, Utility Work Menggunakan Software Pipe Flow Expert (Study Kasus PT. Pertamina DPPU Juanda)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v4i2.2642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.