Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Menerbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November yang berisi aktualisasi, hasil penelitian oleh dosen dan mahasiswa.
1. Konversi Energi
2. Kinematika
3. Ilmu Material

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel memiliki beberapa tahapan:
1. Tinjauan Awal (tinjauan buta)
2. Double Blind Review

 

Frekuensi Penerbitan

Al Jazari: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin memiliki frekuensi publikasi 2 kali dalam 1 tahun, Mei dan November.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat penelitian tersedia gratis untuk umum dan akan mendukung pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Etika Publikasi

Al Jazari: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

adalah bestari kemitraan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan dua kali setahun (Mei dan November) melalui sistem sistem manajemen jurnal terbuka oleh UPT. Publikasi dan Manajemen Jurnal MAB Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin dan bekerja sama dengan Badan Kerjasama Teknik Mesin (BKSTM). Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam jurnal Al Jazari, termasuk penulis, dewan editorial, mitra mitra terbaik, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pedoman Etika Penerbitan

Menerbitkan artikel di Jurnal Al Jazari adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan institusi yang mendukung mereka. Artikel yang ditinjau mendukung dan berisi metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyetujui standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam publikasi, yaitu: penulis, editor jurnal, mitra bestari, penerbit, dan publik. UPT. Publikasi dan Manajemen Jurnal MAB Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin sebagai penerbit Al Jazari bertanggung jawab untuk mengawasi semua tahap publikasi secara serius dan mengakui tanggung jawab etis dan tanggung jawab lainnya. Lembaga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan manajer jurnal dan / atau penerbit lain jika dianggap berguna dan perlu.

Keputusan Penerbitan

Editor Al Jazari bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari artikel yang dikirimkan harus dipublikasikan. Validasi karya dan kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan itu. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum karena harus diberlakukan mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat bernegosiasi dengan editor lain atau tim penilai dalam membuat keputusan ini.

Perlakuan adil

Redaksi selalu menilai teks berdasarkan konten intelektualnya tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan Editor

dan staf pengeditan tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, editor ahli, mitra terbaik, dan penerbit.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam teks yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Kontribusi terhadap Keputusan

Editorial Evaluasi mitra membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis memperbaiki tulisannya.

Kecepatan

Setiap penilai terpilih yang merasa bahwa dia tidak memenuhi kualifikasi untuk menilai penelitian yang dilaporkan dalam teks atau mengetahui bahwa peninjauannya cepat tidak akan mungkin untuk memberitahu editor dan membebaskan dirinya dari proses penilaian.

Kerahasiaan

Setiap teks yang diterima untuk dinilai harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Dokumen tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak dibenarkan. Penilai harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Penilai harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen yang dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Penilai juga harus meminta editor untuk memperhatikan kesamaan atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dinilai dan tulisan-tulisan lain yang telah diterbitkan.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau pendapat rahasia yang diperoleh melalui evaluasi mitra mitra harus dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh digunakan untuk keuntungan pribadi. Penilai tidak boleh menimbang teks di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari hubungan atau koneksi yang kompetitif, kooperatif atau sebaliknya dengan penulis, perusahaan atau lembaga yang terkait dengan penulisan.

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan akurat dari karya yang dibuat dan diskusi yang obyektif tentang maknanya. Data utama harus direpresentasikan secara akurat secara tertulis. Artikel harus menyertakan detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mengulangi pekerjaan itu. Pernyataan penipuan atau perilaku yang sengaja tidak akurat adalah tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka memiliki karya tulis yang sepenuhnya asli, dan bahwa mereka telah mengutip dengan benar ketika menggunakan karya orang lain dan / atau kata-kata.

Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Bersamaan

Seorang penulis pada umumnya tidak dapatmenerbitkan teks yang pada dasarnya menjelaskan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan adalah perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan adil atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang memiliki pengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.

Penulisan Karangan

Kepengarangan harus terbatas pada mereka yang memberikan kontribusi penting untuk konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi studi yang dilaporkan. Semua orang yang memberikan kontribusi penting harus dimasukkan sebagai penulis bersama. Jika ada orang lain yang berpartisipasi dalam aspek penting tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau dimasukkan sebagai kontributor. Penulis yang tepat harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dimasukkan dalam penulisan, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final dari tulisan tersebut dan telah setuju untuk menyerahkannya untuk publikasi.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus memberitahukan dalam manuskrip mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin diduga mempengaruhi hasil atau interpretasi teks mereka. Semua dukungan finansial untuk proyek harus diberitahukan.

Kesalahan dasar dalam karya yang diterbitkan

Jika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang berarti dalam karya publikasi, adalah tugas penulis untuk segera memberi tahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki tulisan.

 

Pedoman Penulis

Penulis yang ingin masuk teks harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak memenuhi persyaratan yang disebutkan, ada kemungkinan bahwa teks akan dikembalikan.     

  1. Kiriman belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau penjelasan belum diberikan dalam komentar kepada editor).     
  2. File skrip dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.     
  3. 1 spasi teks; font 12; miring; tidak digarisbawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di teks di titik yang tepat, bukan di akhir.  
  4. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa diuraikan dalam Panduan Penulis, yang akan ditemukan di halaman Tentang Kami.    
  5. Jika penerimaan untuk jurnal peer-review jurnal, instruksi dalam Memastikan Peninjau Anonim telah diikuti.

 

Kebijakan Pembayaran

Bagi penulis yang mengirimkan manuskrip pada Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, selanjutnya diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kebijakan pengelola jurnal, kemudian manuskrip tersebut diterima, dan diterbitkan TANPA DIPUNGUT BIAYA APAPUN

 

Manajemen Referensi

Naskah dimasukkan pada AL JAZARI; Jurnal Teknik Mesin direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley

 

Pemindaian Plagiarisme

Manuskrip yang masuk pada Jurnal Ilmiah Teknik Mesin akan diperiksa keaslian setiap konten isi manuskrip melalui proses Plagiarism Checker X (grammarly)

Sanksi, setiap manuskrip yang masuk pada Jurnal Ilmiah Teknik Mesin dan terbukti tedapat plagiat maka pihak pengelola mengambil sikap:

  1. Teguran
  2. Surat Peringatan
  3. Pencabutan Artikel
  4. Pembatalan Publikasi