PENGARUH VARIASI BEBAN GESEK TERHADAP STRUKTUR MIKRO AXLE SHAFT HASIL SAMBUNGAN FRICTION WELDING

Ahmadil Amin(1*)

(1) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Kotabaru
(*) Corresponding Author

Sari


Pengelasan gesek (friction welding) merupakan teknik pengelasan dengan memanfaatkan panas yang ditimbulkan oleh gesekan permukaan dua bahan yang akan disambung, salah satu berputar sedangkan yang  lainnya diam. Pada permukaan kontak akan timbul panas, bahkan mendekati titik didih logamnya, sehingga permukaan logam didaerah tersebut menjadi plastis. Gaya penekanan diperlukan untuk meningkatkan gaya gesek. Semakin tinggi gaya tekan maka akan menimbulkan gaya gesek yang semakin besar. Dengan gaya gesek yang semakin besar maka akan menimbulkan panas yang semakin besar pula. Untuk mendapatkan gaya penekanan pada pengelasan gesek yang dilaksanakan di mesin bubut, diperlukan perlengkapan mekanisme pembebanan. Selama proses pengelasan berlangsung, logam las dan HAZ akan mengalami serangkaian siklus thermal berupa pemanasan sampai mencapai suhu maksimum dan diikuti dengan pendinginan. Panas akan mempengaruhi transformasi fasa yang selanjutnya berpengaruh pada struktur mikro, sifat fisik dan mekanik las. Hasil  pengamatan terhadap foto mikrostruktur adalah bahwa peningkatan beban gesek terhadap struktur mikro memperlihatkan perbedaan bentuk dan ukuran butiran (grain size) pada logam las dan HAZ. Struktur mikro logam las  dengan beban  6 kg banyak mengandung ferrit. Sedangkan struktur mikro logam las dengan beban 2 kg banyak mengandung perlit. Struktur mikro daerah HAZ  dengan beban  6 kg  banyak mengandung  ferrit, sedangkan struktur mikro daerah HAZ  dengan beban  2 kg  banyak mengandung perlit.

Kata kunci: Variasi beban, Struktur mikro, Axle shaft, Friction Welding

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi Santoso, 2014. Pengaruh variasi waktu gesekan awal solder terhadap kekuatan tarik, kekerasan dan struktur makro Alumunium 5083 pada pengelasan friction stir welding. Tugas Akhir. Universitas Lampung. Lampung.

Adhy, 2012. Pengaruh Kecepatan Putar dan Tekanan Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Sambungan Friction Welding antara Bahan Paduan Tembaga dan Paduan Aluminium.

Sigied, 2012. Pengaruh Durasi Gesek, Tekanan Gesek dan Tekanan Tempa Terhadap Impact Strength Sambungan Lasan Gesek Langsung Pada Baja Karbon Aisi 1045.

Tiwan, Ardian, 2005. Penyambungan Baja Aisi 1040 Batang Silinder Pejal Dengan FrictionWelding.FakultasTeknikUniversitas Negeri Yogyakarta.

Mikell, 2010. Fundamental Of Modern Manufacturing Material Processes And Systems.

Nicholas, E.D., 2003. Friction Processing Technologies. Welding World, 47: 2-9

Khurmi RS, Gupta JK, Machine Design, 2005, Ram Nagar, New Delhi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v2i2.1142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.