PENGARUH AUGMENTED REALITY BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP KONSERVASI PESERTA DIDIK

Dwi Ratnasari(1), Mahrawi Mahrawi(2), Indria Wahyuni(3), Vina Risdatika(4*)

(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the effect of using Web-based Augmented Reality media with a Problem Based Learning model on the conservation attitude of students in class X MIPA on Biodiversity Materials. The method used in this research is a quasi-experimental method. The research population was students of class X SMAN 4 Serang City and the samples used were four classes, namely class X MIA 1 and 3 as the experimental class and X MIA 2 and 4 as the control class. The sampling was done by using random sampling. The instrument used is a question of conservation attitudes. The data analysis technique used the independent sample t test. Results Based on the research, it was found that the results of hypothesis testing based on the independent sample test output table in the equal variance section were assumed to be known for the Sig. (2-tailed) value of 0.00 and less than 0.05. It can be said that H0 is rejected and H1 is accepted, this shows that there is a significant effect between the use of web-based augmented reality media and problem-based learning models on the conservation attitude of students at SMAN 4 Serang City.


Keywords


Biodiversity, Conservation Attitude,Problem Based Learning, Web-based Augmented Reality

References


Desriana, 2020, Hubungan Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Masyarakat. Menara Ilmu, 14(02), 6–13.

Kamaruddin, R., & Thahir, R. 2021, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar .Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1 (2), 24- 35).

Khaatimah, H. dan Wibawa., R. 2017, Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76–87.

Kurniarum, M. Wahyu, P. & Sri, W. 2015, Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Konservasi Penyu dan Ekowisata di Desa Hadiwarno Kabupaten Pacitan Sebagai Sumber Belajar Biologi. Junral Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (2), 124-137.

Lisnawati, E., Widyatiningtyas, R., & Ridha, M. R. 2018, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 97–105.

Listiana, I. 2016, Analisis Pelaksanaan Pendidikan Konservasi Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Jurusan Geografi Sebagai Kader Konservasi. diakses pada senin 04 juli 2022 dari file:///D:/jurnal%20ar/Listiana%202016.pdf.

Maryasari, M,L. & Wahyono, B. 2016, Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Disertai Pemanfaatan Media Booklet Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Pneumonia Pada Balita Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang Tahun 2014. Journal Of Public Health, 5 (1), 29-35.

Maryati, I. 2018, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Mustaqim, K. 2017, Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.

Nurpratiwi, R. T. 2015, Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Metode Picture and Desriana, 2020, Hubungan Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Masyarakat. Menara Ilmu, 14(02), 6–13.

Kamaruddin, R., & Thahir, R. 2021, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar .Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1 (2), 24- 35).

Khaatimah, H. dan Wibawa., R. 2017, Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76–87.

Kurniarum, M. Wahyu, P. & Sri, W. 2015, Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Konservasi Penyu dan Ekowisata di Desa Hadiwarno Kabupaten Pacitan Sebagai Sumber Belajar Biologi. Junral Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (2), 124-137.

Lisnawati, E., Widyatiningtyas, R., & Ridha, M. R. 2018, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 97–105.

Listiana, I. 2016, Analisis Pelaksanaan Pendidikan Konservasi Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Jurusan Geografi Sebagai Kader Konservasi. diakses pada senin 04 juli 2022 dari file:///D:/jurnal%20ar/Listiana%202016.pdf.

Maryasari, M,L. & Wahyono, B. 2016, Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Disertai Pemanfaatan Media Booklet Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Pneumonia Pada Balita Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang Tahun 2014. Journal Of Public Health, 5 (1), 29-35.

Maryati, I. 2018, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Mustaqim, K. 2017, Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.

Nurpratiwi, R. T. 2015, Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pada Materi Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geoedukasi, 4(2), 1–9.

Nuryadi, Astuti., T. D. & Martinus B. 2017, Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.Diakses dari Http://Lppm.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.Pdf.

Purmadi, R. M., Santika, D., & Wulandari, A. S. 2020, Pentingnya Pendidikan Konservasi Untuk Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus di Desa Cidahu, Kabupaten Kuningan) The Importance Of Conservation Education To Preserve The Environment (Case Study in Cidahu Village, Kuningan Regency). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(4), 602–606.

Rahman, M., & Mahmud, N. 2018, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene. Saintifik, 4(1), 83–92.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. 2020, Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Erhaka Cipta. 1-170.

Saadillah. 2020, Pendekatan Saintifik Untuk Pendidikan Agama Islam Fenomena Pembelajaran Pai Di SMA Rujukan Sidoarjo Dan Implikasinya Pada Sikap Spiritual Siswa. Sidoarjo: Meja Tamu. 1-260.

Sitompul.,L.,S. 2018, Peran Pembelajaran Biologi Topik Keanekaragaman Hayati Dalam Menunjang Ekowisata dan Pengelolaan Lingkungan, Prosiding Nasional Pendidikan Biologi, 676–681.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v8i1.7904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vina Risdatika

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.