Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk AL ULUM JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

AL ULLUM

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

 

PEDOMAN PENULISAN

 

AL ULUM  SAINS DAN TEKNOLOGI  menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian atau artikel ilmiah lainnya dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris. Naskah yang dikirim belum pernah dipublikasikan dengan ditegaskan dalam pernyataan tertulis yang ditandatangi oleh penulis utama.

            Penulis diminta mengirimkan naskah dalam bentuk soft copy atau harcopy kepada redaksi dengan berisikan naskah tersebut. Setelah naskah diterima oleh redaksi kemudian naskah diberikan kepada tim mitra bestari sesuai bidang kompetensi masing-masing disesuaikan dengan naskah yyang masuk. Setelah naskah selesai dari reviuewr  dan siap diterbitkan . Naskah artikel yang sudahsudah diperbaiki oleh penulis dan sudah sesuai dengan keentuan maka naskah akan diterbitkan pada  jurnal Al Ulum dengan laman jurnal : ojs.uniska.bjm ac.id

REDAKSI JURNAL AL ULUM SAINS DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN

Jln. Adtaksa no 2 Kayu Tangi Banjarmasin

Email : 

j.alulumsainsteknologi@gmail.com

J.al-ulumsaintek@uniska-bjm.ac.id

Naskah diketik 2 spasi pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm) disusun satu kolom dengan batas kiri kertas 3 cm, sedangkan batas kanan , atas dan bawah 2.5 cm dengan ukurann huruf 12 point. Naskah diketik dengan huruf bertipe Time New Roman.Setiap Halaman diberi nomor secara berurutan pada kanan atas. Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut :

  1. Judul maksimal 15 kata dalam bahasa Indonesia dan 12 kata dalam bahasa Inggris, huruf kapital dengan ukuran 12pt, bold.
  2. Nama (para) penulis ditulis tanpa gelar dengan ukuran huruf 12pt, bold, ditulis berderet ke bawah. Nama lembaga afiliasi (misal:  Universitas Brawijaya) dan email penulis ditulis lengkap dan komunikasi hanya dilakukan dengan penulis pertama.
  3. Abstrak satu paragraf (75-100 kata)  ditulis dengan huruf Time New Romans 10pt, spasi 1, indent kiri kanan 0,5 cm dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Kata kunci (Keywords) ditulis dengan ukuran huruf 10pt, italic, huruf kecil, 3-5 kata.
  4. Bagian utama artikel ditulis dengan huruf Time New Romans 12pt. Judul heading ditulis dengan huruf kapital, bold tanpa mencantumkan nomor. Pembaban tidak dibuat seperti penulisan skripsi/tesis yang mencantumkan pernyataan masalah, tinjauan pustaka dan sejenisnya namun cukup dengan narasi yang berlanjut. Sub heading juga tanpa penomoran.
  5. Tabel dan Gambar maksimal satu halaman, diberi judul dengan nomor berurutan. Judul tabel diletakkan di atas tabel (rata tengah) sedangkan judul gambar diletakkan di bawah gambar (rata kiri). Judul ditebalkan (bold), ukuran huruf 12pt dan huruf besar di awal kata.
  6. Pengacuan dan pengutipan dilakukan sesuai sistem Harvard Style yaitu penulisan referensi dalam kurung (author-date parenthetical referencing) yang berisi nama penulis dan tahun artikel. Contoh: (Maxwell, 2002). Pengacuan buku teks disertai nomor halaman. Contoh: (Hansen, 2009: 10). Diharapkan tidak melakukan pengacuan bertingkat seperti: si Locong (1969) dalam si Mongkeg (1998) dalam si Koncreng (2009).
  7. Referensi ditulis mengacu kepada sistem Harvard Style dengan urutan, Nama (para) penulis, Tahun Terbit Buku (Artikel), Judul Buku (Artikel), Nama Jurnal (untuk Artikel) atau Nama Penerbit (untuk Buku), Volume, Nomor dan Halaman Jurnal (untuk Artikel) atau Tempat Penerbitan (untuk Buku)

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.