PERANCANGAN PENSTOCK, RUNNER, DAN SPIRAL CASING PADA TURBIN AIR KAPLAN UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) DI SUNGAI SAMPANAHAN DESA MAGALAU HULU KABUPATEN KOTABARU

Budi Hartadi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Daerah-daerah terpencil dan pedesaan umumnya tidak terjangkau jaringan listrik. Dalam kondisi dinamika, solusi yang memadai adalah dengan menyediakan pembangkit listrik setempat seperti generator yang menggunakan bahan bakar minyak. Solusi lainya adalah dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan berasal dari air yaitu PLTMH. Dengan melihat keadaan daerah Magalau Hulu yang belum terjangkau jaringan listrik, merupakan alasan mendasar untuk memberdayakan potensi sungai Sampanahan di desa Magalau Hulu menjadi sumber pembangkit tenaga listrik yang diharapakan dapat membantu masyarakat Magalau Hulu, khusunya desa Magalau Hulu dalam meningkatkan keadaan ekonomi dan memenuhi kebutuhan kelistrikan di daerah tersebut, untuk itu dilakukan studi potensi air sungai Sampanahan dan perancangan turbin air untuk PLTMH, dari hasil perhitungan Sungai Sampanahan memiliki daya hidrolis air sebesar 55,628 watt, daya turbin sebesar 50,060 watt, dengan debit sebesar 1,89 m3/s, dan head sebesar 3 m. Jenis turbin air yang digunakan adalah turbin kaplan.

 

Kata kunci  :    daya hidrolis, pembangkit listrik tenaga mikrohidro,sumber energi terbarukan, turbin kaplan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v1i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.