KAMPUS MERDEKA DALAM PENCAPAIAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN TANTANGAN COVID 19 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Ngalimun Ngalimun(1*), Anita Agustina(2), Alit Suwandewi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(2) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(3) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung dari dunia nyata dengan mempraktikkan experiential learning. Kegiatan AMSP dilaksanakan di satuan  pendidikan  mencakup  perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan, dan pengembangan persekolahan, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. AMSP melibatkan sejumlah pihak, di antaranya mahasiswa, program studi, dan satuan pendidikan mitra. Agar pelaksanaan  kegiatan  dapat  berjalan  lancar, terencana, dan terukur, petunjuk teknis yang menguraikan proses dan peran setiap pihak sangat diperlukan. Tentu penyesuaian diperlukan dalam menerapkan Pendidikan era Revolusi 4.0. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri adanya wabah Covid-19 menjadi salah satu pendorong penerapan sistem ini. Di sisi lain selain dituntut memahami teknologi dan informasi serta cara mengimplementasikannya, tentu terdapat permasalahan yang timbul yaitu terkait sarana prasarana yang memadai. Misalnya peserta didik dari keluarga yang kurang mampu tidak memiliki laptop/smartphone. Maka kebijakan sudah seharusnya memperhatikan hal tersebut. Pihak sekolah memiliki Surat Keputusan (SK) peserta didik kurang mampu dan melakukan pendampingan belajar bagi mereka yang telah didata dengan memperoleh subsidi silang atau pemecahan masalah lainnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Banks, James. A. 1993. Multicultural Educatian: Historical Development, Dimentions and Practrice. In Review of Research in Education, vol. 19, edited by L. Darling Hammond American Educational.

Belajar, Merdeka. 2020. Kebijakan Lompat-Lompat ala Menteri Pendidikan RI Nadiem Makariem . www.muslimahnews.com: Muslimah News.

David. Fred. R 2009. Strategic Management CONCEPTS AND CASES. Pearson Education, Inc., Publishing as Prentice Hall

Latifah. 2021. Perubahan Tingkah Laku Siswa Melalui Komunikasi Antar Pribadi Guru Pendidikan Agama Islam. Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen. Vol.8 No. 2 Tahun 2021. e-ISSN: 2355-3197.

Miller, J. P. & Seller, W. 1985. Curriculum Perspectives and Practice. New York: Longman.

Nasional, Departemen Pendidikan. (2010). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers and Cirles Time” (BCCT) dalam Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Ningsih, W. 2019. Merdeka Belajar Melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan. Suara Guru Online: Suara Guru Online.

Syaifullah Sagala. 2010. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sallis, E. 2011. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod.

Siswanto, S. B. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprapti, Najimatul Ilmiyah, Latifah, Noor Fazariah Handayani. 2022.

Islamic Aqidah Learning Management to Explore the Potential of Madrasah Students. Vol. 5 No. 1, 2022. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences.

https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/4175




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i2.7336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.