MODEL SEJARAH DAN POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH SAW DAN IMPLEMENTASINYA

Indah Khozinatun Nur(1*)

(1) SD Negeri Mranggen 2 Kabupaten Demak
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis library research. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola pendidikan Islam pada masa Rasulullah Saw, sebagai rujukan dan pijakan dalam melaksanakan pendidikan pada masa kini dan masa yang akan datang, agar normanorma dan nilai-nilai ajaran Islam tetap utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pendidikan Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. di Makkah dan Madinah memiliki karakter, pola, dan perkembangannya yang berbeda. Di Makkah lebih kepada pengajaran pendidikan Islam yang menekankan pada pemahaman tauhid dan pengajaran alquran, sedangkan di Madinah lebih meluas cakupannya yakni selain diajarkan tauhid dan alquran, masyarakat Madinah dibekali dengan pendidikan akhlak, amal ibadah, kehidupan sosial kemasyarakatan dan keagamaan, ekonomi, kesehatan, bahkan kehidupan bernegara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armanto. 2021. Filsafat Ilmu dalam dalam

Perspektif Islam. Yogyakarta: K-Media

Latifah. 2019. Makna Isi Kandungan Surah AlA’raf Ayat 179 Dalam Konsep Dan

Karakteristik Pendidikan Islam. Jurnal

Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 2.

Nomor 1 Maret 2020. eISSN: 2656-2928.

https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/terapung/article/view/2

Kamaruzzaman, 2007. Pola Pendidikan Islam Pada

Periode Rasullulah: Makkah dan Madinah.

Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Kodir, Abdul. 2015. Sejarah Pendidikan Islam dari

Masa Rasulullah hingga Reformasi di

Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Nata, Abuddin. 2011. Sejarah Pendidikan Islam,

Jakarta: Kencana.

Noeng Muhajir. 1996. Metode Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta: Rakesarasih.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6325

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.