MANAJEMEN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENJAGA KEBERLANGSUNGAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI CORONA -19 STUDI PADA SMPN 2 KAPUAS BARAT

I. Gede Sujopo(1*), Jarkawi Jarkawi(2)

(1) SMPN 2 Kapuas Barat
(2) UNISKA Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/ pengontrolsn pembelajaran jarak jauh di SMPN 2 Kapuas Barat pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Bertindak sebagai instrument kunci, penelitib menggunakan instrument pendukung berupa pedoman wawancara, dan observasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bidang kurikulum dan guru bidang studi di SMPN 2 Kapuas Barat. Yang menjadi data sekunder pada penelitian ini adalah dokumen-dokumen terkait tentang pembelajran daring pada masa pandemic covid-19. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data yang tekumpul diujikan keabsahannya dengan teknik triangulasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 di SMPN 2 Kapuas Barat diserahkan pelaksanaanya oleh kepala sekolah kepada masing-masing guru bidang studi yaitu dengan menggunakan Whatsapp grup untuk mengirimkan materi, baik itu berupa poto atau video. Evaluasi pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19 di SMPN 2 Kapuas Barat dilakukan oleh guru dan bidang kurikulum dengan melakukan pengontrolan langsung ke dalam group kelas dan masing-masing guru mapel.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Chandrawati, S. R. 2010. Pemanfaatan elearning dalam pembelajaran. Jurnal

Cakrawala Kependidikan, 2(8), 172-

Darmawan, D. 2012. “Pendidikan Teknologi

Informasi dan Komunikasi”.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathema, et al. 2015. Expanding The

Technology Acceptance Model

(TAM) to Examine Faculty Use of

Learning Management Systems

(LMSs) In Higher Education

Institutions. MERLOT Journal of

Online Learning and Teaching Vol.

, No. 2, June 2015.

Hayati, Annur Fitri dan Santihosi, Rosida Evi.

E-Learning dengan Aplikasi

Edmodo. (Online).

Kor, H., Aksoy, H., & Eerbay, H. 2014.

Comparison of the Proficiency Level

of the Course Materials (Animations,

Videos, Simulations, E-Books) Used

In Distance Education. Procedia -

Social and Behavioral Sciences, 141,

–860.

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B.

Problems And Decision In The

Field Of Distance Education.

Procedia - Social and Behavioral

Sciences, 131, 111–117.

Maslin Masrom. 2007. Technology

Acceptance Model and E-learning.

th International Conference on

Education, Sultan Hassanal Bolkiah

Institute of Education Universiti

Brunei Darussalam 21-24 May 2007.

Miles, Matthew B., Huberman, A Michael.

Analisis Data Kualitatif: Buku

Sumber Tentang Metode-Metode

Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian

Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi

Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. Analisa

Pemanfaatan Teknologi Informasi

dalam Pembelajaran Jarak Jauh di

Tengah Pandemi Virus Corona Covid19.Journal of Information System,

Applied, Management, Accounting

and Research, 4(2), 30-36.

Poerwadarminta WJS. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purnawan, Ramaswasti dan Linawati. 2011.

Sikap dan Persepsi Dosen di

Universitas Udayana terhadap

Penggunaan Teknologi Informasi dan

Komunikasi dalam Proses

Pembelajaran. Jurnal The Excellence

Research Universitas Udayana 2011.

Hal.141-148




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i1.10153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.