Perceptions of The Importance of Halal Certification: A Study on Religious Tourism SMES of Syaikhona Kholil Tomb, Bangkalan

Fadila Febriana Tenesha(1*), Nasrulloh Nasrulloh(2)

(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the perceptions of MSEs at the religious tourism site of Syaikhona Kholil Bangkalan Cemetery regarding the importance of halal certification, as well as analyze the inhibiting factors in carrying out halal certification. This article uses a qualitative research method with a descriptive analysis study approach. The results showed that as many as 9 or 63% of informants had the perception that halal certification was not important, and only 6 or 37% of informants had the perception that halal certification was important. Meanwhile, the inhibiting factor experienced by MSEs at the religious tourism site of Syaikhona Kholil Bangkalan Cemetery to carry out halal certification was the lack of information obtained as many as 12 or 80% of new informants obtained information related to halal certification from researchers, and only 3 or 20% obtained information from other people.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi UMK di tempat wisata religi Makam Syaikhona Kholil Bangkalan terhadap pentingnya sertifikasi halal, serta menganalisis faktor penghambat dalam melakukan sertifikasi halal.Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi yang bersifat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 9 atau 63% informan berpersepsi bahwa sertifikasi halal tidak penting, dan hanya 6 atau 37% informan berpersepsi bahwa sertifikasi halal penting. Sedangkan faktor penghambat yang dialami UMK di tempat wisata religi Makam Syaikhona Kholil Bangkalan untuk melakukan sertifikasi halal yaitu minimnya informasi yang diperoleh sebanyak 12 atau 80% informan baru mendapatkan informasi terkait sertifikasi halal dari peneliti, dan hanya 3 atau 20% mendapatkan informasi dari orang lain.


Keywords


Halal Certification; Perception; Small and Medium Enterprises

Full Text:

PDF

References


Agus, Panji Adam. “Kedudukan sertifikasi halal dalam sistem hukum nasional sebagai upaya perlindungan konsumen dalam hukum islam.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 1, no. 1 (January 31, 2017): 150. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article/view/2172.

Bashir, Abdalla Mohamed. “Effect of Halal Awareness, Halal Logo and Attitude on Foreign Consumers’ Purchase Intention.” British Food Journal 121, no. 9 (September 2, 2019): 1998–2015. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/BFJ-01-2019-0011/full/html.

Budiman, Fathan. “Sertifikasi Halal Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Studi Tentang Keputusan Pembelian Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 2 (August 3, 2020): 1. http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/1192.

Diana, Ilfi Nur. Hadis-Hadis Ekonomi. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Data Agregat Kependudukan.” Last modified 2021. Accessed September 10, 2022. http://dispendukcapil.bangkalankab.go.id/pages/data-aggregat-kependudukan.

Fajar, Wahyu Abdul. Persepsi Masyarakat Terhadap Urgensi Fiqh Moderat. Bengkulu: Vanda, 2019.

Handini, Sri, and Dkk. Manajemen UMKM Dan Koperasi (Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai). Surabaya: Jakad Publishing, 2019.

Hartono, Dudi. Psikologi. Jakarta: Kementerian Kesehatan REpublik Indonesia, 2016.

Iskandar, Viva Budy. “Jumlah Penduduk Jawa Timur Menurut Agama/Kepercayaan (Juni 2021).” Databoks.Katadata.Co.Id. Last modified 2021. Accessed September 12, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/18/sebanyak-97-penduduk-jawa-timur-beragama-islam-pada-juni-2021.

Kamsari, Amrullah. “Mekanisme Pengajuan Sertifikasi Halal Dan Fasilitasi Halal Bagi UMK.” Accessed September 19, 2022. http://www.halal.go.id/cms/assets/files/Materi_Pak_Amru_compressed.pdf.

Latif, Jamal. “Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Kasus Pada Pedagang Nasabah KSPPS Cahaya Mitra Sejahtera),.” UIN Walisongo Semarang, 2017.

Makhtum, Ahmad, and Muhammad Ersya Faraby. “SERTIFIKASI PRODUK HALAL UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN BANGKALAN.” Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah 5, no. 1 (June 29, 2021): 42. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JE/article/view/8761.

Muhamad, Muhamad. “Tantangan Dan Peluang Penerapan Kebijakan Mandatory Sertifikasi Halal (Studi Implementasi Uu No. 33 Th. 2014 Dan Pp No. 31 Th. 2019).” Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no. 2 (December 22, 2020): 2. https://jurnaljiebi.org/index.php/jiebi/article/view/29.

Nasrulloh, Nasrulloh. “Implementasi Etika Bisnis Islam Dan Transformasi Digital UMKM Madura Dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah) 7, no. 1 (February 28, 2022): 63. http://jes.unisla.ac.id/index.php/jes/article/view/183.

———. “SHARIA BANKING FINANCING MODEL IN ENHANCING THE HALAL CERTIFICATION OF MICRO, SMALL, MEDIUM ENTERPRISE INDUSTRY.” El Dinar 9, no. 1 (April 30, 2021): 19–32. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/eldinar/article/view/9481.

Nukeriana, Debbi. “Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu.” Jurnal Qiyas 3, no. 1 (2018): 154. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/article/view/1310.

Qomaro, Galuh Widitya, Hammam Hammam, and Khoirun Nasik. “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Pangan Dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal Di Kecamatan Tragah Bangkalan.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5, no. 2 (October 19, 2019): 137. https://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi/article/view/6116.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Sari, Dinda Permata. “Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah Se Kota Bandar Lampung.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.

Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003.

Syafrida. “Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim.” Jurnal Adil: Jurnal Hukum 7, no. 2 (2016): 168.

Tamami, Muhammad Husni. “4 Fakta Menarik Bangkalan, Punya Julukan Kota Zikir Dan Sholawat.” Surabaya.Liputan6.Com. Last modified 2022. https://surabaya.liputan6.com/read/4869601/4-fakta-menarik-bangkalan-punya-julukan-kota-zikir-dan-shalawat.

Wijoyo, Hadion, and dkk. Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi. Sumatera Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v9i1.9980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

             

--------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License