What Determines the Interest in Investing to Gold Savings at Pegadaian Syariah?
(1) Universitas Syiah Kuala
(2) Universitas Syiah Kuala
(3) Universitas Syiah Kuala
(4) Universitas Syiah Kuala
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agha, S. E., Saafi, A. R., & Qayoom, O. A. (2015). Gold Investment from Islamic perspective: The Case of Malaysia. International Journal of Economics and Finance, 7(5), 179-185. https://doi.org/10.5539/ijef.v7n5p179
Ainiyah, N., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Motivasi Investasi dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Berinvestasi di Reksadana Syariah pada Generasi Z Kota Surabaya. 5(2), 80–94. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n2.p80-94
Akbar, F., Abdillah, Y., & Topowijono. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Pariwisata terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan (Studi pada Kediri Water Park Kabupaten Kediri). Jurnal Aministrasi Bisnis (JAB, 45(1), 133-141. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1765
Alfhia, R., & Arafah, S. (2020). ). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Cicil Emas di Bank Mandiri Syariah Kcp. Medan-Marelan. Jurnal Mahasiswa FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), 1(1), 229-242. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/760
Alfiyanto, A. N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Syariah dan Religiusitas pada Perilaku Investasi Emas Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pegawai Lembaga Keuangan Syariah di Kota dan Kabupaten Magelang (Universitas Islam Indonesia). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17795?show=full
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 734–746. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7851
Andiana, D., & Amini, M. H. (2019). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Investasi Mahasiswa FEBI UIN Mataram pada Galeri Investasi Syariah UIN Mataram. Jurnal Kompetitif : Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 83–101. https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/kompetitif/article/view/150
Azmi, N., & Riyaldi, M. H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Mengajukan Pembiayaan di Bank Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Banda Aceh. 1(2), 71-90. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimeki.v1i1.15060
Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya terhadap Minat Investasi Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibah, N. U. (2017). Perkembangan Gadai Emas ke Investasi Emas pada Pegadaian Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 81–97. https://doi.org/: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2095
Hidayah, A., Malarangan, H., & Fatma. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Motivasi terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 18–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.10.18-38
Hidayah, A., Malarangan, H., & Fatma. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Motivasi terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syari’ah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 18–38. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.10.18-38
Hidayati, A. N. (2017). Investasi: Analisis dan Relevansinya dengan Ekonomi Islam. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 8(2), 227–242.
Kesuma, T. M. (2012). Prinsip dan Kriteria Periklanan dari Perspektif Islam. SHARE: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(1), 59–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/share.v1i1.718
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lengkey, L. N. ., & Taroreh, R. (2014). Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Logam Mulia pada PT. Pegadaiaan Cabang Manado Timur. Jurnal EMBA, 2(4), 154–166. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6234
Maharani, A., & Saputra, F. (2021). Relationship of investment motivation, investment knowledge and minimum capital to investment interest. Journal of Law, Politic and Humanities, 2(1), 23–32.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693
Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi dan Teknologi Informasi terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal. JIAGABI, 2(1), 64–75.
Muhammad Hendri Yanova, Parman Komarudin, Hendra Hadi .(2023). Metode Penelitian Hukum: Analisis Problematika Hukum Dengan Metode Penelitian Normatif Dan Empiris, Badamai Law Journal, Volume 8 Nomor 2, 394-408
Nasir, M., Mukhlis, M., & Miskarina, M. (2017). Pengetahuan Masyarakat Umum dan Masyarakat Santri Terhadap Bank Syariah: Studi Kasus Kemukiman Bandar Baru Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 43–60.
Nasrifah, M. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah untuk Investasi Logam Mulia (Studi Kasus Pegadaian Unit Pembiayaan Cabang Kota Anyar. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3634
Nasution, R. S. (2016). Sistem Operasional Pegadaian Syariah Berdasarkan Surah Al-Baqarah 283 pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Gunung Sari Balikpapan. Al-Tijary:Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 93–119. https://doi.org/10.21093/at.v1i2.529
Ningsih, G., Dayyan, M., Nurjannah, & Meylianda. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah Langsa Barat. IHTIYATH: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1297
Oktary, B. F., Ramashar, W., & Suci, R. G. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Melalui Galeri Investasi di Pekanbaru. SNEBA: Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis & Akuntansi, 1, 39–52. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/sneba/article/view/2655
Rosiyani, N., & Hasyim, F. (2021). Analisis Pengaruh Minat Generasi Milenial dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah. JEKSYAH (Islamic Economics Journal), 1(02), 65–79. https://doi.org/10.54045/jeksyah.v1i02.40
Rustiana, Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Nasabah terhadap Keputusan Pengambilan Menabung dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus pada BRI Syariah KC Madiun) [IAIN Ponorogo.]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/7792/
Sari, A., & Suryanignsih, S. A. (2020). Pengaruh Promosi Islami dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Emas Studi pada Pegadaian Syariah Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(2), 187-199. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/35227
Suprihati, & Pradanawati, S, L. (2020). The Influence of Knowledge, Investment Motivation and Investment Understanding on Student Interest to Invest in the Capital Market. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4), 1030–1038. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/1487
Tambunan, L. T. (2019). Faktor Dominan Pengaruh Bauran Promosi terhadap Prilaku Kosumen dalam Keputusan Pembelian Suatu Produk. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 35–45. https://doi.org/Luna Theresiaa
Thara, F. B., & Slamet, M. R. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kompatibilitas terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(1), 122–131. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jama.v4i1.1922
Wibowo, Y. H., & Santoso, B. H. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan, Motivasi dan Perilaku Mahasiswa terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7).
Yanti, Y. I., & Hidayat, R. (2023). The Effect of Service Quality Promotion and Motivation on the Decision to Choose Gold Savings Products at PT. Pegadaian (Perbaungan Branch). Jurnal Ekonomi, 12(3), 772–779.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v9i2.12590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal is indexed by:
--------------------------------------------------------------------------------------------
Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License