Analisis Strategi Pemasaran dan Kelayakan Bisnis pada Kedai Kopi Ohayo Coffee Roastery di Martapura

Nurul Hidayah(1), Muhammad Qamaruddin(2*)

(1) UIN Antasari
(2) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


An entrepreneur must apply the right marketing strategy in running his business. In addition, there are several aspects that also need to be analyzed to determine the feasibility of the business. This study aims to analyze the application of the marketing strategy used and its business feasibility based on several aspects. Taking location at Ohayo Coffe Roastery Martapura, South Kalimantan, this research is a field research type with a qualitative descriptive approach, and uses primary and secondary data. Based on the results of the research, in the marketing strategy, apart from selling coffee variants in the shop, this business also offers coffee beans and coffee powder to other coffee shops, the price offered is based on the taste quality and the number of coffee beans, the chosen location is an area dominated by employees and students, and promotions have been carried out through several social media. In the feasibility study analysis, this business has met the licensing requirements, used the right market and marketing strategy, kept abreast of current technological developments by using modern tools, and regularly upgraded employee capabilities; and profitability is considered good because the store experienced an average increase of 20% from the previous year.


Seorang pengusaha harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu ada beberapa aspek yang juga perlu dianalisis untuk mengetahui kelayakan bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran yang dipakai dan kelayakan usahanya berdasarkan pada beberapa aspek. Mengambil lokasi di Ohayo Coffe Roastery Martapura, penelitian ini berjenis field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif, serta menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, pada strategi pemasaran, selain menjual varian kopi di kedai, usaha ini turut menawarkan biji kopi dan serbuk kopi ke kedai kopi lain, harga yang ditawarkan berdasarkan pada kualitas rasa dan jumlah biji kopi, lokasi yang dipilih yaitu wilayah yang didominasi karyawan dan pelajar, dan promosi telah dilakukan melalui beberapa sosial media. Pada analisis kelayakan studi, usaha ini telah memenuhi persyaratan perizinan, memakai strategi pasar dan pemasaran yang tepat, mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan penggunaan alat-alat yang modern, melakukan peningkatan kemampuan karyawan secara berkala; dan profitabilitas dinilai bagus karena kedai mengalami peningkatan rata-rata 20% dari tahun sebelumnya

 


Keywords


Business Feasibility Study; Marketing Mix; Marketing Strategy

Full Text:

PDF

References


Arofah, Minawati. “Studi kelayakan bisnis dalam meminimalisir resiko usaha pada koperasi tani syariah Bina Usaha desa Pendem Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah.” Other, UIN Mataram, 2019. http://etheses.uinmataram.ac.id/200/.

ASTIARA SAM, ASTIARA. “STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA GEROBAK KOPI BREW KOTA PALOPO.” Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2019.

Hakim, Muhammad Wildan, Dian Purnomo Jati, Adi Indrayanto, dan Suparjito Suparjito. “Analisis Strategi Pemasaran Dan Studi Kelayakan Bisnis Pada Produk Pisang Cavendish (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas).” Midyear International Conference 1, no. 01 (31 Juli 2022). http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/myc/article/view/3060.

Harahap, Nursapia. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: UIN Sumatra Utara, 2020.

Ifadloh, Arina Nur. “Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Kedai Kopi ISHPOT Purwakerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah,” 2022.

Junaedi. Tembang Pantura (Kajian Manajemen Bauran Pemasaran Jasa Hiburan di Televisi Lokal Cirebon). Deepublish, 2019.

Ma’arif, Iqbal, Rizal Ruben Manullang, dan Nelly Astuti Astuti. “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Beternak Ayam Potong ‘Studi Kasus Implementasi Kandang Box.’” JURNAL PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS 7, no. 1 (1 Februari 2020): 1–7.

M.M, Drs H. Nasir Asman. Studi Kelayakan Bisnis (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Penerbit Adab, 2021.

Nuruddin, Firdaus. “Penerapan strategi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing di Warung Kopi Bosque Kota Malang.” Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018. http://etheses.uin-malang.ac.id/13796/.

Utami, Hesty. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis,” 1 April 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v9i1.12059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

             

--------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License