Kemampuan Pemilihan Karier Siswa Kelas IX SMPN 1 Bandung

Firana Fadzan(1*), Amin Budiamin(2), Rina Nurhudi Ramdhani(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Career selection is a way, a person's efforts in taking one of the many jobs that give hope for success and in accordance with what is desired. The purpose of this study was to determine the level of ability in choosing a career in class IX junior high school students. The method used in this research is a cross-sectional survey. The research data was obtained from a career selection ability instrument using a Likert scale with four alternative answer choices. The instrument used is the career selection ability instrument developed by Atsnawi which consists of 47 statement items and has been declared valid based on the correlation coefficient value above 0.34. The data analysis technique uses score interpretation with ordinal categorization norms, namely low, medium, and high to determine the level of students' career selection ability. Based on the results of the study, it can be concluded that the career choice ability of class IX students of SMP Negeri 1 Bandung is in the medium category. This shows that class IX students of SMP Negeri 1 Bandung are already able to choose, determine, and plan their careers for life in the future.

 

____________________________________________________________

 

Pemilihan karier adalah cara, upaya seseorang dalam mengambil satu di antara banyaknya pekerjaan yang memberikan harapan untuk sukses dan sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan pemilihan karier pada siswa SMP kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei cross-sectional. Data penelitian diperoleh dari instrumen kemampuan pemilihan karier yang menggunakan skala likert dengan empat pilihan alternatif jawaban. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kemampuan pemilihan karier yang dikembangkan oleh Atsnawi yang terdiri dari 47 item pernyataan dan sudah dinyatakan valid berdasarkan nilai koefisien korelasi di atas 0,34. Teknik analisis data menggunakan interpretasi skor dengan norma kategorisasi ordinal, yaitu rendah, sedang, dan tinggi untuk mengetahui tingkat kemampuan pemilihan karier peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemilihan karier siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bandung berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa, siswa-siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bandung sudah mampu untuk memilih, menentukan, dan merencanakan kariernya untuk kehidupan di masa yang akan datang.

 

Kata Kunci


career choice, guidance, career

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andersen, P. & Vandehey, M. (2012). Career Counseling and Development in Global Economy. Belmot Amerika: Brooks/Cole Cengage Learning.

Abivian, M., Budiamin, A., & Agustin, M. (2017). Program Bimbingan Karir untuk Mengembangkan Kemampuan Membuat Pilihan Karir Peserta Didik. Utite: Jurnal Kependidikan, 3(1), 9-17.

Atsnawi, A. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemilihan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas XI Agama MAN II Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1-13.

Dewi, R. P. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 19(2), 87-99.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1), 17-27.

Merdekawati, D. P. & Sulistyawati, A. I. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Aset, 13(1), 9-19.

Monika, S. W. & Kiswanto, A. (2019). Program Bimbingan Karier untuk Mengembangkan Identitas Karier Siswa SMK. Jurnal Eksplorasi Bimbingan dan Konseling, 1(1), 75-87.

Pramudi, H. (2015). Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri Kutasari Purbalingga. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-16.

Putra, R. T. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karier Siswa melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait-Factor pada Siswa Kelas X MIA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(11), 1-9.

Rahayu, F. S. (2021). Tingkat Kemampuan Membuat Pilihan Karir Mahasiswa. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 1-8.

Rahmadani, N. & Herdi, H. (2021). Kinerja Guru BK dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37-43.

Sinaga, I. N. & Sa’adah, N. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX dalam Merencanakan Karier dengan Bantuan Media Pohon Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 48-54.

Oktavia, I. N. & Nursalim, M. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karier Siswa Kelas XI Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik. Jurnal BK Unesa, 1-11.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaroh, S. & Tawakkal, M. I.(2018). Bimbingan Karir Menggunakan Media Buku Kebutuhan Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Pilihan Karir Peserta Didik. JEC: Journal of Education and Counseling, 1(1), 45-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.9899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.