APLIKASI STUDI LANJUT ‘NISCITA’ BERBASIS WEB DAN ANDROID

Ryan Pandu Wiyata(1*), Mochammad Nursalim(2), Endang Pudjiastuti Sartinah(3), Tri Wahyu Aga Seputra(4)

(1) Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
(2) Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
(3) Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
(4) Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan aplikasi studi lanjut “Niscita” yang berbasis web dan android. Aplikasi tersebut dikembangan dengan tujuan untuk membantu khususnya para guru bimbingan konseling dalam merencanakan dan juga memberikan informasi terkait studi lanjut siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, aplikasi tersebut dapat memberikan informasi terkait perencanaan karir studi lanjut siswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sampai dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi niscita melalui prosedur penelitian dan menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari sibjek penelitian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru bimbingan konseling, dan peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Tuban. Hasil penelitian ini antara lain telah terbukti bahwa aplikasi niscita memperoleh persentase sebesar 93,5% (sangat baik) dan aplikasi tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak tanpa diperlukan revisi. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan aplikasi ini sangat layak apabila dipergunakan dan bermanfaat khususnya guru bimbingan konseling dan  siswa-siswi dalam mempersiapkan studi lanjut ke perguruan tinggi negeri. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat lebih mempelajari secara mendalam mengenai aplikasi niscita sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki dan mengembangkan aplikasi niscita lebih luas.

____________________________________________________________________

This study aims to develop a web and android based application for further study "Niscita". The application was developed with the aim of helping, especially counseling guidance teachers in planning and also providing information related to further studies for high school students (SMA). In addition, the application can provide information regarding career planning for further studies of students from the National Selection for State Universities (SNMPTN) to State Universities (PTN). The method used in developing the Niscita application is through research procedures and using the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) model development. This study uses quantitative data and qualitative data obtained from subject matter experts, media experts, linguists, counseling guidance teachers, and students in grades X, XI and XII of SMA Negeri 1 Tuban. The results of this study, among others, have proven that the niscita application obtained a percentage of 93.5% (very good) and the application was included in the very feasible criteria without the need for revision. The conclusion in this application development research is very feasible if used and useful, especially counseling guidance teachers and students in preparing for further study to state universities.


Kata Kunci


Niscita; Pengembangan Aplikasi; Studi Lanjut; Model ADDIE; Bimbingan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, L., W, Sutardjo, A., & Rahayu, Makmuroh, S. (2018). Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi : Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa. Jurnal Psikologi, 13(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2399

Aisah, F, N., Wibowo, M, E., & Purwanto, E. (2017). Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 147–153.

Alwi, N. M., Pandang, A., & Syahril, M. F. (2020). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Kecanduan Gadget dalam Jejaring Sosial pada Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(3), 143–150. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.725

Amaliyah, F, S. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Melalui Strategi Self Management dalam Konseling Kelompok Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020. PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 64–70.

Ardani, Wahyu, A., Erwin, A., & Halik, A. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Membolos. Guidance Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 16(01), 7–14.

Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang

Carr, Monica, E., Moore, Dennis, W., & Anderson, A. (2014). Self-Management Interventions on Students with Autism: A Meta-Analysis of Single-Subject Research. Exceptional Children, 81(1), 28–44. https://doi.org/10.1177/0014402914532235

Cooper, J., Heron, T., & Heward, W. (2007). Applied Behavior Analysis. eBook. Pearson Higher Ed.

Hanum, N. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Percut SEI Tuan TA 2016/2017 (Issue 2009). Doctoral dissertation, UNIMED.

Helm, P. (2017). Self-Concept. In The Wiley‐Blackwell Encyclopedia of Social Theory (pp. 1–3). https://doi.org/10.1177/1536504211427855

Inzlicht, M., Werner, Kaitlyn, M., Briskin, Julia, L., & Roberts, Brent, W. (2021). Integrating Models of Self-Regulation. Annual Reviews of Psychology. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-061020- 105721

Karwowski, M. (2015). Peer Effect on Students’ Creative Self-Concept. Journal of Creative Behavior, 49(3), 211–225. https://doi.org/10.1002/jocb.102

Kulbaş, E., & Özabacı, N. (2021). The Effects of the Positive Psychology-Based Online Group Counselling Program on Mothers Having Children with Intellectual Disabilities. Journal of Happiness Studies, 0123456789, 1–29. https://doi.org/10.1007/s10902-021-00472-4

Kurnanto, M, E. (2014). Konseling Kelompok. ALFABETA.

Kurniawati, K. (2014). Komunikasi Antar Pribadi Konsep dan Teori Dasar. Graha Ilmu.

Mehrad, A. (2016). Mini Literature Review of Self-Concept. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(2), 62. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i2.6036

Muzdalifah, Anwar, K., & Nurmiati. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Concept Terhadap Siswa Peringkat Akhir Kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin. 7(1), 18–24.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. PT. Rosdakarya.

Ristianti, Dina, H., Danim, S., Winarto, H., & Dharmayana, I. W. (2019). The development of group counselling assessment instruments. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 267–272.

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, Diana, A. (2016). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6(2), 67–78.

Sari, R. P., Putri, R. D., & Surtiyoni, E. (2021). Pengembangan E Book Bimbingan Dan Konseling Pada Materi Konsep Diri Negatif. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 213–218. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.213-218

Sholihah, N., Hariastuti, Retno, T., Setiawati, D., & Pratiwi, Titin, I. (2013). Penerapan Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-D YPAC SURABAYA. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1–13.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30.

Sultra, Wahyu, Septi, Rahma, Y., Usodo, B., & Pramudya, I. (2019). Self-Concept of Junior High School Student in Learning Mathematics. The International Conference On Mathematical Analysis, Its Applications and Learning 2018, 36, 44–49.

Suwardani, N. P., Dharsana, I. K. & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Syam, Nina, W. (2012). Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1), 120–132. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181

Yusop, Y. M., Zainudin, Z. N., Marzuki, W., Jaafar, W., Wan, W. N., & Baharudin, D. F. (2020). the Effects of Group Counselling. Journal of Critical Reviews, 7(13), 623–628. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.109




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.8814

Refbacks



Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.