Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMK Farmasi Banjarmasin

Laili Azkia Nurrahmah(1*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to examine the effectiveness of reality group counseling to improve academic hardiness in students. The research method used in this study used the Quasi Experiment method through Nonrandomized Pre-Test Post-Test Control Group Design with a population of 71 students with a sampling technique using purposive sampling which resulted in 8 students having an indication of low academic hardiness. This study used a different T test, namely the paired sample t-test (the average difference of two paired samples) as a data analysis technique and the independent sample t-test (the average difference of two unpaired samples) in the SPSS 21 program. The results of the paired sample t-test obtained a significance of 0.026 <0.05. This means that there is a significant increase in academic hardiness in the experimental class. In the independent sample t-test test, it obtained a significance result of 0.003 <0.05 and the comparison value of the two methods had a difference of 41.25 from the results of the posttest average value of the experimental class of 137.25 and the posttest average value of the control class of 96 From this analysis it can be interpreted that there has been an increase in academic hardiness in class X students of the Banjarmasin Pharmacy Vocational School.

____________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness pada siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen melalui Nonrandomized Pre-Test Post-Test Control Group Design dengan populasi berjumlah 71 siswa dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 8 orang siswa yang memiliki indikasi academic hardiness rendah. Penelitian ini menggunakan uji beda T yaitu uji paired sample  t-test (perbedaan rata-rata dua sampel yang berpasangan) sebagai teknik analisis data dan uji independent sample  t-test (perbedan rata rata dua sampel yang tidak berpasangan) pada program SPSS 21. Adapun hasil uji paired sample  t-test memperoleh hasil signifikansi sebanyak 0,026 < 0,05. Maknanya terjadi kenaikan  academic hardiness yang signifikan terhadap kelas eksperimen. Pada uji independent sample t-test mendapatkan hasil signifikansi sebanyak 0,003 < 0,05 serta nilai perbandingan kedua metode memiliki selisih sebesar 41,25 dari hasil nilai  rata-rata posttest kelas eksperimen sebanyak 137,25 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 96. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan terjadi peningkatan academic hardiness pada siswa kelas X SMK Banjarmasin.

 

Kata Kunci


WDEP technique, group counseling, academic hardiness

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, M & Martini,W. (2015). Validasi modul Pelatihan Ketangguhan Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Atlet Kelas Khusus Olahraga. (Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) Diakses dari:: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/83227

Arsyad, M. (2021). Gambaran Academic Hardiness Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Periode 2019-2020. Journal of Psychological Perspective, 3(2), 63–66. DOI: https://doi.org/10.47679/jopp.321182021

Arsyad, M., & Sulistiyana. (2021). Pelatihan Hardiness Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Tangguh (Hardiness) dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(1). DOI: https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5348

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi: Characters, 8(1), 212–223.

Azizah, N., & Kardiyem. (2020). Pengaruh Perfeksionisme, Konformitas, dan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Academic Hardiness sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 119–132. DOI: https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37240

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khumaerah, Nasratul. (2015). Penerapan Konseling Kelompok Realitas untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 125-132. Dari https://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK

Maddi, S. R. (2006). Hardiness: The courage to grow from stresses. Journal of Positive Psychology, 1(3), 160–168. DOI: https://doi.org/10.1080/17439760600619609

Makaria, E. C. (2017). Bahan Perlakuan Konseling Realita dengan Menulis Ekspresif. Malang

Mufidah, N. L. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa. (Skripsi, Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari:

http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95832

Rahman, D., Masril, M., Nelisma, Y., & Dasril, D. (2022). Efektifitas Konseling Kelompok Realitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII MTSN 6 Padang. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 148. DOI: https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6794

Retnaningsih, D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Diakses dari: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5624

Sarawati, B. S. (2020). Efektifitas Konseling Kelompok Realitas WDEP Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. (Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang). Diakses dari: http://eprintslib.ummgl.ac.id/1632/

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2009). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150. Diakses dari: http://jurnal.konselingindonesia.com

Zajacova, A., Lynch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, stress, and academic success in college. Research in Higher Education. 46(6): 677-706. DOI: https://doi.org/10.1007/s11162-004-4139-z

Zamroni. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 3(1) Diakses dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4431/2940

Zwagery, R. V., & Leza, N. M. (2021). Hubungan Hardiness dengan Student Engagement pada Siswa SMP Negeri 1 Banjarbaru. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(2), 22–27. Diakses dari: https://jpsikologi.esaunggul.ac.id/index.php/JPSI/article/view/134.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.7976

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.