MINAT MEMBACA ANAK BINAAN RUMAH LITERASI AL FATIH

Evi Fitriyanti(1), Sisca Folastri(2), Solihatun Solihatun(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Sari


Rumah Literasi Al Fatih sebagai wadah bagi anak untuk dapat mengembangkan diri melalui kegiatan membaca melalui buku-buku yang tersedia dan juga tutor pengajar yang siap untuk membantu. Membaca merupakan jendela untuk membuka wawasan dan pengetahuan sehingga individu dapat memperoleh pemahaman bagaimana untuk bisa memiliki keterampilan, nilai-nilai yang menjadi prinsip kehidupan, sikap positif yang ditampilkan serta tanggung jawab yang diemban dalam setiap pilihan yang diambil serta bisa menjelajahi dunia. Tujuan di dalam penelitian adalah ini ingin melihat bagaimana gambaran minat membaca anak binaan Rumah Literasi di desa Ginanjar Kab. Sukabumi Jawa Barat dan bagaimana implikasinya terhadap layanan bimbingan konseling yang dapat dilaksanakan oleh konselor di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Responden yang menjadi sampel di dalam penelitian ini adalah seluruh anak binaan literasi yaitu sebanyak 31 orang penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan dukungan software JASP. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat membaca anak binaan rumah literasi Al Fatih cukup tinggi, terlihat dari semangat serta antusias anak  meluangkan waktu untuk membaca. Selain itu terungkap juga minat membaca anak perempuan sedikit lebih tinggi dibanding anak laki-laki. Kemudian hasil penelitian ini menjadi data awal untuk menentukan jenis layanan, untuk menumbuhkembangkan minat membaca serta mengatasi permasalahan minat membaca yang kurang pada anak, dan membuat program bimbingan dan konseling prioritas sesuai dengan kebutuhan anak binaan rumah literasi.

___________________________________________________________________

Al Fatih Literacy House as a place for children to be able to develop themselves through reading activities through available books and also teaching tutors who are ready to help. Reading is a window to open insight and knowledge so that individuals can gain an understanding of how to have skills, values that become principles of life, positive attitudes displayed and responsibilities carried out in every choice made and can explore the world. The purpose of this research is to see how the reading interest of the children assisted by the Literacy House in the village of Ginanjar, Kab. Sukabumi, West Java and what are the implications for guidance and counseling services that can be implemented by counselors in the community. This type of research is descriptive quantitative with survey method. Respondents who were sampled in this study were all literacy assisted children, as many as 31 people were used to determine the sample using saturated sampling where the entire population was used as the research sample. Processing and analyzing data using descriptive analysis with the support of JASP software. The research findings show that the reading interest of the children assisted by the Al Fatih literacy house is quite high, it can be seen from the enthusiasm and enthusiasm of the children taking the time to read. In addition, it was also revealed that girls' interest in reading was slightly higher than that of boys. Then the results of this study become initial data to determine the type of service, to develop interest in reading and overcome the problem of lack of interest in reading in children, and to create a priority guidance and counseling program according to the needs of the children under the guidance of the literacy house.


Kata Kunci


Minat Membaca; JASP; Literasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Alloway, N. (2000). Exploring Boys’ Literacy Performance at School: Incorporating and Transcending Gender. Contemporary Issues in Early Childhood, 1(3), 333–337. https://doi.org/10.2304/ciec.2000.1.3.9

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 153–166.

Canadian Council on Learning. (2009). Why boys don’t like to read: gender differences in reading achievement. Lessons in Learning

Deasley, S., Evans, M. A., Nowak, S., & Willoughby, D. (2018). Sex Differences in Emergent Literacy and Reading Behaviour in Junior Kindergarten. Canadian Journal of School Psychology, 33(1), 26–43. https://doi.org/10.1177/0829573516645773

Djamarah, S. B. (2005). Materi Pokok Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Elba, D. (2021). Literasi Terkoyak Pandemi. Jakarta: Replubika.co.id. Di akses pada tanggal 10 Maret 2022. (23.27 W.I.B.).

Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/48469/19558. Di akses pada tanggal 10 Maret 2022.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Fendy, F. (2013). Upaya Dinas Pendidikan Kota Makassar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Makassar. [Diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5421/

Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Folastri, S. (2022). Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 43–57.

Hapsari, W. S. P. (2022). Kemampuan Membaca Puisi pada Anak Kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 225-232. DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.3345.

Ilyas, A., & Folastri, S. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Martavia, R. F., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2016). Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 363-369.

Mohd-Asraf, R., & Abdullah, H. (2016). Elementary Schoolers’ Attitudes toward Reading in English: How Boys Feel Relative to Girls. English Language Teaching, 9(6), 134. https://doi.org/10.5539/elt.v9n6p134

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. Tersedia di https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/35229. Di akses pada tanggal 11 Maret 2022.

Priyeti, P. (2017). Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya, 4(1), 55-67. Tersedia di http://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/591. Di akses pada tanggal 11 Maret 2022.

Putri, ADS dan Suyitno. (2018). Analisis Minat Membaca Mahasiswa Semester V di PGSD UPGRIS. Jurnal Widya Wacana, 12(2).

Prioletta, J., & Pyle, A. (2017). Play and gender in Ontario kindergarten classrooms: implications for literacy learning. In International Journal of Early Years Education, 25(4), 393–408. https://doi.org/10.1080/09669760.2017.1390446

Retariandalas. (2017). Pengaruh Minat Membaca Dan Motivasi Belajar. Jurnal Formatif, 7(2), 190–197. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1529. Di akses pada tanggal 10 Maret 2022.

Rintang, K, dkk. 2019. Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal UNS. Tersedia di https://docplayer.info/214945043-Analisis-peran-guru-dalam-meningkatkan-minat-baca-peserta-didik-di-sekolah-dasar.html. Di akses pada tanggal 11 Maret 2022.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24324. Diakses pada tanggal 11 maret 2022.

Skelton, C., & Francis, B. (2011). Successful boys and literacy: Are “literate boys” challenging or repackaging hegemonic masculinity? Curriculum Inquiry, 41(4), 456–479. https://doi.org/10.1111/j.1467-873X.2011.00559.x

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1–49.

Thomas, K. L. (2019). Building literacy environments to motivate African American boys to read. The Reading Teacher, 72(6), 761-765.

Watson, A., Kehler, M., & Martino, W. (2010). The Problem of Boys’ Literacy Underachievement: Raising Some Questions. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 53(5), 356–361. https://doi.org/10.1598/jaal.53.5.1

Yuliana, P., Irwansyah, N., & Ikhwati, A. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Oku. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/article/view/6279. Diakses pada tanggal 11 maret 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.7912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.