KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Amallia Putri(1*), Siti Khotimah(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Sari


Pada hakikatnya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak kesulitan belajar yang dialami siswa selama proses pembelajaran daring. Adapun metode penelitian yang dipilih berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan sumber data penelitian merupakan tiga siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Metode yang dipilih berupa studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat dua faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya motivasi siswa, rasa bosan, dan kurangnya persiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Faktor eksternal berupa terbatasnya kuota internet yang dimiliki. Dampak dari kesulitan belajar antara lain tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, terlambat mengumpulkan tugas bahkan tidak tugas. Dengan demikian, motivasi siswa menjadi aspek terpenting bagi keberhasilan proses pembelajaran daring. Kurangnya motivasi menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar yang berdampak negatif bagi siswa.

__________________________________________________________________

 

In essence, the purpose of this research is to find out the causes and impacts of difficulties experience by students durng the online learning process. The research methode was was chosen is desriptive with a qualitative approach. Informan of research data sources were are three students of class X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak which were determined through purposive sampling technique. The method used is an intrinsic case study, with data collection techniques including in-depth interviews, observation and documentation studies. The data analysis technique uses an interactive model consisting of stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that there are two factors that cause learning difficulties, namely internal factors and external factors. Internal factors include lack of student motivation, boredom, and lack of student preparation in participating in online learning. External factors in the form of limited internet quota owned. The impact of learning difficulties include not being able to achieve the expected learning objectives, being late in submitting assignments and not even completing assignments. Thus, student motivation becomes the most important aspect for the success of the online learning process. Lack of motivation causes students to experience difficulties in learning which has a negative impact on students.


Kata Kunci


Faktor Penyebab, Dampak, Kesulitan Belajar Daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adila, Nur. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Daring terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Gowa. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar. Diunduh di https://digilabmin.unismuh.ac.id

Anderson. Tery. (2008). The Theory and Practice of Online Learning. Journal Athabasca University. Diunduh di http://books .google.com

Andriani, Rita. (2020). Evaluasi Pembelajaran Online Siswa Kelas 5 SD Negeri Metro Pusat. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri. Metro Lampung. Diunduh di https://id.scribd.com

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida Volume 5. No. 2 Hal. 93 – 196. UIN Ar – Rainry Banda Aceh.

Indrajit, Richardus. (2016). E-Learning dan Sistem Informasi Pendidikan; Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi Dan Kualifikasi Kerja Edisi 2. Yogyakarta: Preinexus. Diunduh di http://elibrary.bsi.ac.id/readbook/

Iryana. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong. Diunduh di http://osf.io/download

Joshua, Stern. (2020). Introduction to Online Teaching and Learning. Diunduh di http://www.wlac.edu->otl.pdf

Melda (2021). Studi Tentang Faktor Penyebab Siswa Berperilaku Indisipliner dalam Pembelajaran Daring. Artikel Universitas Islam Kalimantan Muhammad Al Arsyad Al-Banjari Banjarmasin. Diunduh di eprints.uniska-bjm.ac.id

Moloeng, Lexy J. (2015). Metode Penelitiaan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. Jurnal Seminar Nasional FMIPA UT 2011, Volume 1, 55–60. Diunduh di http://repository.ut.ac.id/2511/

Rahayu, Asri. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di SMPN Tanjung Emas. Skripsi. IAIN Batu Sangkar.

Sari, Puspita. (2019). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2. No. 1. Universitas Veteran Bangun Nusantara. Diunduh di https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Simanjuntak, Dosmika (2020). Analisis Kesulitan Belajar SiswaMelaksanakan Pembelajaran secara Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 3 Universitas Lampung Selatan. Diunduh di https://journal.ipts.ac.id › MathEdu

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.7129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.