PENGARUH KONSELING KELOMPOK SELF MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI NEGATIF SISWA SMP

Sintiya Moomin(1), Maryam Rahim(2*), Salim Korompot(3), Nurul Maulida Alwi(4)

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Sari


Self Management dapat dilakukan melalui layanan konseling kelompok, salah satu masalah yang terjadi dalam kesulitan mengelola diri yaitu konsep diri negatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pre test-Post test Design. Variabel X adalah konseling kelompok self management dan konsep diri negatif merupakan variabel Y. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre test 154,90 dan nilai rata-rata post test 101,50. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,557>3,25. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini yakni terdapat pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dalam arti bahwa konseling kelompok self management dapat diterima dan dapat meminimalisir konsep diri negatif.

____________________________________________________________________

Self-management can be accomplished through group counseling services; one of the issues that arise in self-management difficulties is students' negative self-concept. This study aims to see how self-management group counseling affects the negative self-concept of class VIII students at SMP Negeri 1 Gorontalo. This type of research is a pre-experimental study with a one-group pre test-post test design. Self-management group counseling is variable X, and negative self-concept is variable Y. This study's research subjects were class VIII students from SMP Negeri 1 Gorontalo City, who recruited 10 students. The sampling technique used was purposive sampling. The results showed the average pre test score was 154.90 and the post test average was 101.50. The results of hypothesis testing obtained tcount > ttable that is 22.557> 3.25. The keyword in this research is that the influence of self-management group counseling on the self-concept of class VIII students at SMP Negeri 1 Gorontalo City, in the sense that self-management group counseling is acceptable and can minimize the negative self concepts.

 


Kata Kunci


Konseling Kelompok; Self Management; Konsep Diri Negatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, L., W, Sutardjo, A., & Rahayu, Makmuroh, S. (2018). Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi : Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa. Jurnal Psikologi, 13(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2399

Aisah, F, N., Wibowo, M, E., & Purwanto, E. (2017). Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 147–153.

Alwi, N. M., Pandang, A., & Syahril, M. F. (2020). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Kecanduan Gadget dalam Jejaring Sosial pada Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(3), 143–150. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.725

Amaliyah, F, S. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Melalui Strategi Self Management dalam Konseling Kelompok Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020. PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 64–70.

Ardani, Wahyu, A., Erwin, A., & Halik, A. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Membolos. Guidance Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 16(01), 7–14.

Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang

Carr, Monica, E., Moore, Dennis, W., & Anderson, A. (2014). Self-Management Interventions on Students with Autism: A Meta-Analysis of Single-Subject Research. Exceptional Children, 81(1), 28–44. https://doi.org/10.1177/0014402914532235

Cooper, J., Heron, T., & Heward, W. (2007). Applied Behavior Analysis. eBook. Pearson Higher Ed.

Hanum, N. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Percut SEI Tuan TA 2016/2017 (Issue 2009). Doctoral dissertation, UNIMED.

Helm, P. (2017). Self-Concept. In The Wiley‐Blackwell Encyclopedia of Social Theory (pp. 1–3). https://doi.org/10.1177/1536504211427855

Inzlicht, M., Werner, Kaitlyn, M., Briskin, Julia, L., & Roberts, Brent, W. (2021). Integrating Models of Self-Regulation. Annual Reviews of Psychology. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-061020- 105721

Karwowski, M. (2015). Peer Effect on Students’ Creative Self-Concept. Journal of Creative Behavior, 49(3), 211–225. https://doi.org/10.1002/jocb.102

Kulbaş, E., & Özabacı, N. (2021). The Effects of the Positive Psychology-Based Online Group Counselling Program on Mothers Having Children with Intellectual Disabilities. Journal of Happiness Studies, 0123456789, 1–29. https://doi.org/10.1007/s10902-021-00472-4

Kurnanto, M, E. (2014). Konseling Kelompok. ALFABETA.

Kurniawati, K. (2014). Komunikasi Antar Pribadi Konsep dan Teori Dasar. Graha Ilmu.

Mehrad, A. (2016). Mini Literature Review of Self-Concept. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(2), 62. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i2.6036

Muzdalifah, Anwar, K., & Nurmiati. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Concept Terhadap Siswa Peringkat Akhir Kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin. 7(1), 18–24.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. PT. Rosdakarya.

Ristianti, Dina, H., Danim, S., Winarto, H., & Dharmayana, I. W. (2019). The development of group counselling assessment instruments. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 267–272.

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, Diana, A. (2016). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6(2), 67–78.

Sari, R. P., Putri, R. D., & Surtiyoni, E. (2021). Pengembangan E Book Bimbingan Dan Konseling Pada Materi Konsep Diri Negatif. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 213–218. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.213-218

Sholihah, N., Hariastuti, Retno, T., Setiawati, D., & Pratiwi, Titin, I. (2013). Penerapan Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-D YPAC SURABAYA. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1–13.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30.

Sultra, Wahyu, Septi, Rahma, Y., Usodo, B., & Pramudya, I. (2019). Self-Concept of Junior High School Student in Learning Mathematics. The International Conference On Mathematical Analysis, Its Applications and Learning 2018, 36, 44–49.

Suwardani, N. P., Dharsana, I. K. & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Syam, Nina, W. (2012). Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1), 120–132. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181

Yusop, Y. M., Zainudin, Z. N., Marzuki, W., Jaafar, W., Wan, W. N., & Baharudin, D. F. (2020). the Effects of Group Counselling. Journal of Critical Reviews, 7(13), 623–628. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.109.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v8i2.6482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.