PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 ALALAKBARITO KUALA (CHARACTER EDUCATION IN THE TEACHING AND LEARNING OF IPS AT SMP 4 ALALAK BARITO KUALA)

Nurmiati Nurmiati(1*)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan Karakter memiliki peran penting  sebagai langkah awal  untuk menciptakan generasi muda yang berahlak dan memiliki budi pekerti luhur. Menciptan generasi muda yang memiliki ahlak serta budi pekerti luhur diperlukan sebuah pendidikan karakter. Pada sebuah pendidikan Karakter diharapkan peserta didik mampu membentuk, mengembangkan dan mengamalkan dari nilai karakter yang dimilikinya dalam sebuah pembelajaran. Tujuan penelitian ini  (1) Untuk mendeskripsikan tentang Perencanaan pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala, (2) Untuk mendiskripsikan tentang Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala, (3) Untuk mendiskripsikan  bagaimana Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran IPS di SMP 4 Alalak Barito Kuala. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data, teknik observasi, dukomentasi dan Wawancara (porposive sampling), analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan,  pengujian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data dan pemeriksaan teman sejawat.  Hasil penelitian  ini, menggambarkan bahwa: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala yaitu dengan menyiapkan Silabus dan RPP terlebih dahulu. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala dengan cara tugas kelompok dengan menelaah cerita kususnya tokoh para pahlawan, bermain seni peran atau drama.(3) Evaluasi Pendidikan Karakter pada pembelajaran IPS di SMP  Negeri 4 Alalak Barito Kuala melalui pengevaluasian Silabus dan RPP,serta hasil akhir perubahan sikap siswa untuk mematuhi Tata Tertib Sekolah. 


Referensi


Ahmad & Amri, 2011. Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu, Jakarta, Prestasi Pustaka

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta

BSNP (Badan Nasional Standar Pendidikan), 2009. Laporan BSNP Tahun 2009

Creswell, Jhon W, 2010. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan Mixed, Bandung, Pustaka Pelajar.

Erwin, Muhamad, 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia, Bandung, Refika Aditama

Herdiawanto & Hamdayama, 2010. Cerdar, Kritis, dan Aktif Berwarganegara, Jakarta, Erlangga

Idi, Abdullah, 2011. Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers.

Isdisusilo, 2012. Panduan Lengkap Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kata Pena

Mansyur, dkk, 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta, Multi Pressindo

Moleong Lexy J, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif,Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sanjaya, Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standat Proses Pendidikan, Jakarta, Fajar Interpratama Offset

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Sarbini & Lina, 2011. Perencanaan Pendidikan, Bandung, CV Pustaka Setia

Sa’ud & Makmun, 2009. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensip,Bandung, Remaja Rosdakarya

Sa’ud, 2010. Inovasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta

Srijanti dkk, 2009. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, Jakarta, Salemba Empat

Sumarno, 2012. Rendahnya Mutu Pendidikan Tinggi Indonesia penyebab dan strategi peningkatnnya

http://elibrary.mb.ipb.ac.id/download.php?id=17374. Download 20 Juni 2013

Surakhmad, Winarno, 2009. Pendidikan Nasional strategi dan Tragedi, Jakarta, Penerbit Buku Kompas

Syarbaini dkk, 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Implementasi Karakter Bangsa, Jakarta, Hartomo Media Pustaka

Wahab & Sapriya, 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung, Alfabeta

Wahyu, 2011. Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif, Banjarmasin, Unlam Banjarmasin

---------, 2013. Seminar Nasional Tentang Aktualisasi Pendidikan IPS dalam Upaya memantapkan Insan Berkarakter, Banjarmasin, Unlam Banjarmasin

Winarno, 2011. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta, Bumi Aksara

Usman and Akbar, 2009. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta, Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v1i2.369

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.