PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 ALALAKBARITO KUALA (CHARACTER EDUCATION IN THE TEACHING AND LEARNING OF IPS AT SMP 4 ALALAK BARITO KUALA)
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Pendidikan Karakter memiliki peran penting sebagai langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang berahlak dan memiliki budi pekerti luhur. Menciptan generasi muda yang memiliki ahlak serta budi pekerti luhur diperlukan sebuah pendidikan karakter. Pada sebuah pendidikan Karakter diharapkan peserta didik mampu membentuk, mengembangkan dan mengamalkan dari nilai karakter yang dimilikinya dalam sebuah pembelajaran. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan tentang Perencanaan pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala, (2) Untuk mendiskripsikan tentang Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala, (3) Untuk mendiskripsikan bagaimana Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran IPS di SMP 4 Alalak Barito Kuala. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data, teknik observasi, dukomentasi dan Wawancara (porposive sampling), analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, pengujian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini, menggambarkan bahwa: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala yaitu dengan menyiapkan Silabus dan RPP terlebih dahulu. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala dengan cara tugas kelompok dengan menelaah cerita kususnya tokoh para pahlawan, bermain seni peran atau drama.(3) Evaluasi Pendidikan Karakter pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala melalui pengevaluasian Silabus dan RPP,serta hasil akhir perubahan sikap siswa untuk mematuhi Tata Tertib Sekolah.
Referensi
Ahmad & Amri, 2011. Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu, Jakarta, Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
BSNP (Badan Nasional Standar Pendidikan), 2009. Laporan BSNP Tahun 2009
Creswell, Jhon W, 2010. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan Mixed, Bandung, Pustaka Pelajar.
Erwin, Muhamad, 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia, Bandung, Refika Aditama
Herdiawanto & Hamdayama, 2010. Cerdar, Kritis, dan Aktif Berwarganegara, Jakarta, Erlangga
Idi, Abdullah, 2011. Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers.
Isdisusilo, 2012. Panduan Lengkap Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kata Pena
Mansyur, dkk, 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta, Multi Pressindo
Moleong Lexy J, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif,Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sanjaya, Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standat Proses Pendidikan, Jakarta, Fajar Interpratama Offset
Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Sarbini & Lina, 2011. Perencanaan Pendidikan, Bandung, CV Pustaka Setia
Sa’ud & Makmun, 2009. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensip,Bandung, Remaja Rosdakarya
Sa’ud, 2010. Inovasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta
Srijanti dkk, 2009. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, Jakarta, Salemba Empat
Sumarno, 2012. Rendahnya Mutu Pendidikan Tinggi Indonesia penyebab dan strategi peningkatnnya
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/download.php?id=17374. Download 20 Juni 2013
Surakhmad, Winarno, 2009. Pendidikan Nasional strategi dan Tragedi, Jakarta, Penerbit Buku Kompas
Syarbaini dkk, 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Implementasi Karakter Bangsa, Jakarta, Hartomo Media Pustaka
Wahab & Sapriya, 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung, Alfabeta
Wahyu, 2011. Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif, Banjarmasin, Unlam Banjarmasin
---------, 2013. Seminar Nasional Tentang Aktualisasi Pendidikan IPS dalam Upaya memantapkan Insan Berkarakter, Banjarmasin, Unlam Banjarmasin
Winarno, 2011. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta, Bumi Aksara
Usman and Akbar, 2009. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta, Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v1i2.369
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.