PENGEMBANGAN KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF SMK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Naharus Surur(1*), Ulya Makhmudah(2), Agit Purwo Hartanto(3)

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Sari


Era revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia yang bermutu agar mampu bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif. Sehingga diperlukan ketrampilan dan kompetensi yang memadai dalam menghadapinya. Bimbingan dan konseling memiliki peran penting untuk membekali peserta didik, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)  sebagai upaya membimbing peserta didik agar menjadi insan yang terampil dan kompeten dalam mencapai kemandirian pribadi, sosial, karier dan belajar. Maka dari itu, dibutuhkan pengembangan kurikulum bimbingan dan konseling komprehensif untuk peserta didik SMK pada era revolusi industri 4.0 dengan tujuan menjadi acuan bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan  layanan yang efektif dan efisien. Kurikulum ini akan  memuat: layanan dan tujuan setiap ranah, rumusan kompetensi tingkat kelas (standar yang kompeten peserta didik yang bisa diukur), rincian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik dan konselor dalam satuan waktu. Pengembangan kurikulum menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang sampai pada tahap uji ahli. Hasil dari pengujian yang menyatakan bahwa perhitungan yang layak untuk pembangunan pada tahap uji terbatas di penelitian tahun mendatang.

___________________________________________________________________

 

The era of the industrial revolution 4.0 demands quality human resources to be able to compete in an increasingly competitive world of work. So that it requires adequate skills and competences in dealing with it. Guidance and counseling have an important role in equipping students, especially Vocational High Schools (SMK) as an effort to guide students to become skilled and competent individuals in achieving personal, social, career and learning independence. Therefore, it is necessary to develop a comprehensive guidance and counseling curriculum for vocational school students in the era of the industrial revolution 4.0 with the aim of being a reference for guidance and counseling teachers in providing effective and efficient services. This curriculum will contain: the services and objectives of each domain, the formulation of class level competencies (competent standards of measurable learners), details of activities that students and counselors must do in units of time. The curriculum development uses the research and development design of Borg and Gall which has reached the expert testing stage. The results of the test state that the calculations that are feasible for development at the test stage are limited to future research years.


Kata Kunci


Kurikulum; Bimbingan dan Konseling; Komprehensif; Revolusi Industri 4.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American School Counselor Association (ASCA). (2005). ASCA national Model: A Framework for School Counseling Programs. Alexandria, VA: Author

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1979). Educational Research: AnIntroduction (3rd Ed.). New York: Longman.

Direktorat Jendral Pembinaan SMK. (2018).

Tantangan Revolusi Industri 4.0 Untuk SMK. Diunduh dari https://psmk.kemdikbud.go.id pada 9 Februari 2019

Handarini, D. M. (2018). Strategi Membangun Potensi Siswa Milenial Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Makalah disampaikan pada kegiatan Seminar Nasional: Tantangan Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Diselenggarakan pada tanggal 21 November 2018 di Universitas Sebelas Maret.

Hui, E.K.P. (2003). A Guidance Curriculum for Student Development: A Qualitative Study. International Journal for the Advancement of Counselling, 25, 23 September 2003.

Gysbers, N.C., & Henderson, P. (2012). Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program. (5th Ed.). Alexandria, VA: American Counseling Association.

Sciarra, D.T. (2004). School Counseling: Foundations and Contemporary Issues. Belmont, C.A: Brooks/Cole Thomson Learning.

Suherman, U. (2018). Tantangan Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Makalah disampaikan pada kegiatan Seminar Nasional: Tantangan Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan pada tanggal 21 November 2018 di Universitas Sebelas Maret.

Wibowo, M. E. (2018). Profesi Konseling Abad 21. Semarang: UNNES Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v6i2.2392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.