LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPHY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS VII C SMP NEGERI 31 BANJARMASIN

Husnul Khatimah, Farial Farial, Eka Sri Handayani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa sebelum dilaksanakan konseling kelompok dengan teknik cinematheraphy serta untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa setelah melaksanakan konseling kelompok dengan teknik cinematheraphy dan untuk mengetahui apakah kedisiplinan siswa dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok teknik cinematheraphy pada siswa. Penelitian menggunakan pre-eksperimental design yaitu one-group pretest dan posttest design. Prosedur penelitian pretest-treatment-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel 8 responden dari 28 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran melalui angket. Validitas angket menggunakan Pearson Correlation dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan hitungan statistik deskriptif, dan uji wilcoxon dengan aplikasi IBM SPSS Statistik 25. Hasil pretest siswa ditemukan 8 siswa dengan skor terendah. Hasil posttest siswa ada peningkatan skor dari 8 siswa. Perhitungan uji wilcoxon pada data keseluruhan diperoleh nilai signifikansi (Sig). Sebesar 0,005 kurang dari 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh  konseling kelompok dengan teknik cinematheraphy.

_________________________________________________________

 

This study aims to determine the level of student discipline before group counseling with cinematheraphy techniques and to determine the level of student discipline after conducting group counseling with cinematheraphy techniques and to find out whether student discipline can be improved through group counseling cinematheraphy techniques to students. The study used a pre-experimental design namely one-group pretest and posttest design. Pretest-treatment-posttest research procedure. The sampling technique uses purposive sampling. Sample 8 respondents from 28 populations. Data collection techniques using a measurement scale through a questionnaire. The validity of the questionnaire using Pearson Correlation and reliability using alpha cronbach. Data analysis techniques using descriptive statistical calculations, and Wilcoxon test with the application of IBM SPSS Statistics 25. The results of student pretest found 8 students with the lowest score. The students' posttest results increased scores from 8 students. Wilcoxon test calculations on the overall data obtained significance value (Sig). For 0.005 is less than 0.05. This means there is an influence of group counseling with cinematherapy techniques.


Kata Kunci


Konseling Kelompok; Cinematheraphy; Kedisiplinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gibson, R.L., Michelle, M.H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handoyo, E. (2008). Pendidikan Anti Korupsi. Widya karya: Semarang

Normanita, R., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 1-7.

Noviani, P. (2012). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kalirejo. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Olivia, F. (2010). Mengoptimalkan Otak Supaya Awet Muda. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Purwanto, N. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda.

Sapiana. (2014). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Cinema therapy Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Other Thesis, Universitas Negri Gorontalo. (online). Diakses tanggal 21 Mei 2016.

Solomon, G. (2001). Reel therapy: How movies inspire you to overcome life's problems. BookBaby

Tarmizi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Teknik Pemodelan di Kelas VIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Wijayanti, R.D. (2018). Pengaruh teknik cinematheraphy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI di SMK Kartanegara kediri. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.2180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun akademik anda terhubung dengan:

          

 

Didedikasikan untuk:

                      

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.