Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa

Anisa Rosa(1*), Nelyahardi Nelyahardi(2), Dinny Rahmayanty(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Sari


This research aims to describe and reveal the influence of peers on the learning motivation of class IX students at SMP Negeri 19 Jambi City. The research approach applied in this research is quantitative research. The type of research used in this research is Expost Facto research. The research population to be studied is 246 students. The sampling technique in this research was using Simple Random Sampling. With a sample of 148 students. The data collection techniques and tools used were observing and distributing questionnaires to respondents. Data analysis uses the C formula percentage calculation, normality test, linearity test, and simple regression analysis. The results of the research show that the significant linearity value obtained is 0.000 < 0.05, the t value = 2.879 and the t table = 1.663 at the 5% significance level. Based on the known value that is 2.317>1.663, the accepted hypothesis is accepted. These results indicate that the peer variable (X) has a significant effect on the learning motivation of class IX (Y) students. The recommendations for future researchers so that they can be used as material for consideration and development of guidance and counseling service programs in schools.

_____________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 19 Kota jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah jenis penelitian Expost Facto. Populasi penelitian yang akan diteliti berjumlah 246 siswa. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini ialah menggunakan Simple Random Sampling. Dengan sampel sebanyak 148 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yang dilaksanakan yaitu melakukan observasi dan penyebaran kuesioner atau angket kepada responden. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh nilai signifikan dari linearity 0,000 < 0,05,nilai t hitung = 2.879 dan t tabel = 1,663 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan nilai yang diketahui bahwa 2,317>1,663 maka hipotesis yang diajukan diterima. Hasil ini menunjukan bahwa teman sebaya variabel (X) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IX (Y). Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya agar menjadi bahan pertimbangan dan pengembangan program layanan BK di sekolah.


Kata Kunci


Lingkungan Teman Sebaya, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia S, R. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi Smk Negeri 1 Makassar (Skripsi, Universitas Negeri Makassar).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Damayanti, A. P., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163-167.

Fitria, R. D., Muswardi, M., & Mayasari, S. (2017). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(4).

Gurning, F. P., Nasution, F., & Eliska, E. (2019). Pendampingan Teman Sebaya Dan Peran Orang Tua: Dalam Mewujudkan Remaja Bebas Narkoba Dan Sehat Reproduksi Di Wilayah Pesisir Kabupaten Langkat. Medan: Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Hairunnisa, I. Y., & Supriadi, S. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ips Sma Islam Haruniyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).

Ika, Z. N., Mega Heryaniningsih, S., Ridho Saputra, M., & Kurnia Putri, M. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2(2), 69–74.

Khodijah N. (2018). Psikologi Pendidikan. Depok: Fajar Interpratama Mandiri.

Nasution, D. & Wahyudin, N. (1967). In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69).

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok (PT Raja Grafindo Persada)

Sutja, A., Emosda, Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Volkers, M. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261.

Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.

Yusuf, M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.