Profil Eksplorasi Karier Siswa Kelas X SMA Angkasa 1

Yuliana Dafrosa Armat(1*), Evi Deliviana(2), Renatha Ernawati(3)

(1) Universitas Kristen Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia
(3) Universitas Kristen Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


This research was conducted to understand the career exploration of class X students at SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusumah, East Jakarta. Career exploration is a phase where individuals seek a deep understanding of work, career alternatives, choices in career fields, and career preparation when entering the world of work. The aim of this research is to assess the extent to which students explore careers according to their talents and interests. Using quantitative research methods and a survey design that was analyzed descriptively, data was collected through a 40-item career exploration questionnaire distributed via Google Form to 101 out of a total of 359 students. The results of the analysis show variations in students' career exploration, influenced by factors such as gender, age, and the career exploration aspects analyzed. These results indicate the need for a multifaceted approach in helping students develop their understanding of careers and future planning. In the end, this research can provide reference material and further study for students who plan to conduct more in-depth research regarding career exploration.

____________________________________________________________

Penelitian ini dilakukan untuk memahami eksplorasi karier siswa kelas X SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusumah Jakarta Timur. Eksplorasi karier merupakan fase di mana individu mencari pemahaman mendalam tentang pekerjaan, alternatif karier, pilihan dalam bidang karier, dan persiapan karier saat memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah menilai sejauh mana siswa mengeksplorasi karier sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain survei yang dianalisis secara deskriptif, data dikumpulkan melalui angket eksplorasi karier berjumlah 40-item yang disebarkan melalui Google Form kepada 101 dari total 359 siswa. Hasil analisis menunjukkan variasi dalam eksplorasi karier siswa, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, dan aspek eksplorasi karier yang dianalisis. Hasil ini mengindikasikan perlunya pendekatan beragam dalam membantu siswa mengembangkan pemahaman mereka tentang karier dan perencanaan masa depan. Pada akhirnya penelitian ini dapat menyediakan bahan referensi dan studi lanjut bagi mahasiswa yang berencana melakukan penelitian lebih mendalam mengenai eksplorasi karier.


Kata Kunci


Eksplorasi Karier, Siswa, Sekolah Menengah Atas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, M. K. (2017). Model Eksplorasi Karir Sebagai Upaya Persiapan Karir Siswa Dalam Menghadapi Asean Global. Jurnal Konseling Gusjigang,3(1).

Bachtiar, I. H., & Rosada, U. D. (2022). Pengembangan Ular Tangga Popoki (Pion–Pion) Karir Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa Sma Negeri 1 Kuningan. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 69-84.

Dewa, N. S., Kaunang, W. P. J., & Sekeon, S. A. S. (2022). Hubungan Antara Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat Kelurahan Wulauan Kecamatan Tondano Utara. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), 2058-2065.

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling,7(1), 1-14.

Pambudi, A. T., & Kesuma, R. G. (2016). Self Efficacy Pemilihan Karir Siswa SMP di Tinjau dari Perspektif Budaya Kelompok Minoritas Di Indonesia. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 1-8.

Priyatno, T. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Psikopedagogia, 5(1), 49-56.

Purwanti, M. (2019). Gambaran Kematangan Karir Siswa Kelas X SMA Swasta Jakarta. Mengundang, 8(1), 62-83.

Rahmadani, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peranan Bimbingan Karir untuk Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3098-3101.

Rossallina, L., & Salim, R. A. (2019). Perilaku eksplorasi karier, dukungan sosial, dan keyakinan dalam pengambilan keputusan karier SMP. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 224-239.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131-143.

Setiobudi, J. (2017). Pengaruh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling,3(1), 98-111.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Sujana, T. N. F., Prasetya, A. F., & Gunawan, I. M. S. (2023). Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di bidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 54-60.

Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II Sd Negeri II Kemloko Dengan Menggunakan Model Make A Match. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 113-120.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Persepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Terhadap Pendidikan Lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70-77.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang,2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.